Eks Pentolan Timses Jokowi di 2019 Bakal Berlabuh Dukung Anies, Siapa Dia?

Anies Baswedan saat umumkan Syaugi Alaydrus jadi Kapten Timnas AMIN
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – KH Abdussalam Sohib alias Gus Salam disebut bakal gabung ke Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin). Rekam jejak Gus Salam pernah jadi ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin untuk Pulau Jawa di Pilpres 2019.

Anies Tak Mau Berandai-andai Jadi Menteri Prabowo: Emangnya Ditawarin

Wakil kapten Timnas Amin, Nasirul Mahasin atau Gus Mahasin menjelaskan sosok Gus Salam akan dijadikan sosok yang memimpin untuk mencari dukungan di wilayah Jawa Timur.

"Gus salam nanti komandannya KH Abdusalam Sohib, yang ngomandani (di Jatim)," kata Gus Mahasin di Rumah Perubahan, Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis 16 November 2023.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Cak Imin menyapa warga Depok, Jawa Barat

Photo :
  • Dok PKB

Dia mengatakan Gus Salam merupakan sosok cucu dari pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Gus Salam serupa dengan Muhaimin atau Cak Imin.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

"Gus Muhaimin itu panglima santri. Gus Salam presiden santri," ujar.

Ada Tokoh yang Bakal Gabung

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem, Hermawi Taslim mengatakan eks Gubernur DKI Jakarta, Sutiyoso hingga mantan Jaksa Agung, Muhammad Prasetyo akan bergabung dalam Timnas Amin.

"Banyak (tokoh bergabung), misalnya ada Sutiyoso, Prasetyo mantan Jaksa Agung," ujar Hermawi, Kamis 16 November 2023.

Hermawi juga menyebut mantan Menteri Agama, Fachrul Razi dan mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Tyasno Sudarto dan mantan Wakapolri, Oegroseno rencananya juga akan gabung ke Timnas Amin. "Itu nanti semua akan masuk, Anda boleh catat," kata Hermawi.

Anies Baswedan saat mengumumkan nama Syaugi Alaydrus jadi Kapten Timnas Amin.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, semua yang nanti akan bergabung ke Timnas Amin, belum bisa dijelaskan secara gamblang. Sebab, Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) sengaja baru mengumumkan nama-nama Captain dan Co-Captain Timnas Amin kemarin.

"Kita nggak mau pamer yang begitu, kita butuh orang kerja. Kita bikin ini hanya untuk memenuhi ketentuan formal," ujar Hermawi.

Adapun Kapten Timnas Pemenangan Amin dipimpin oleh eks Kepala Badan SAR Nasional Mardsya TNI (Purn) Muhammad Syaugi Alaydrus. Pengumuman Syaugi sebagai kapten dan jajaran wakil kapten Timnas Amin  disampaikan Anies di Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa 14 November 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya