Didukung Ijtima Ulama, Anies Baswedan Harus Sepakati 13 Poin Pakta Integritas

Calon Presiden Anies Baswedan di Mujadalah Kiai Kampung.
Sumber :
  • VIVA/Uki Rama.

Bogor – Calon Presiden Anies Rasyid Baswedan mendapat dukungan dari hasil Ijtima Ulama dan tokoh nasional yang digelar di Kompleks Majelis Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 18 November 2023. 

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

"Capres dan cawapres yang direkomendasikan adalah yang datang yaitu Pak Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar," kata anggota SC Ijtima Ulama Aziz Yanuar, dikutip Minggu, 19 November 2023. 

Anies usai kegiatan Jami'yah Lil Maslahatil Ummah Mujadalah Kiai Kampung di Kastil Atamimi Palace di Villa Puncak Tidar, Malang Sabtu, 18 November 2023 malam mengapresiasi hasil Ijtima ulama.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Calon Presiden Anies Baswedan di Mujadalah Kiai Kampung.

Photo :
  • VIVA/Uki Rama.

Dia memandangnya sebagai amanah dan kepercayaan dari para ulama dan ikhtiar. Dukungan itu, katanya muncul atas dasar yang sama yakni semangat perubahan untuk menghadirkan keadilan di semua aspek. 

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

"Kami mengapresiasi dan memandang ini sebagai sebuah amanah sebuah kepercayaan. Bahwa ikhtiar untuk melakukan perubahan banyak mendapatkan dukungan dan kami memang ingin perubahan ini memprioritaskan keadilan di semua aspek," kata Anies.

Anies yang maju bersama Muhaimin Iskandar di Pemilihan Presiden 2024 nanti pum mengaku semakin bersemangat dengan hasil Ijtima Ulama ini. Dia pun berjanji memegang amanah ijtima ulama dengan sebaik-baiknya. 

"Jadi dengan adanya dukungan ini (Ijtima Ulama) jadi semangat kami. Insya Allah amanah ini akan kami pegang sebaik-baiknya sehingga bisa memberikan manfaat bagi semua," ujar Anies. 

Ijtima Ulama di Ponpes Az Zikra, Sentul, Bogor

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Ijtima Ulama akan mengirimkan pakta integritas kepada pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Pakta integritas itu berisi 13 poin yang disetujui dalam rapat di Ijtima Ulama di Kompleks Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu, 18 November 2023. 

"Disepakati, pakta integritas. Ada sekitar 13 (poin) yang akan dibawa pakta integritas itu oleh utusan. Kemudian akan disampaikan kepada capres-cawapres yang direkomendasikan oleh acara Ijtima Ulama," ujar anggota SC Ijtima Ulama, Aziz Yanuar, dikutip Minggu, 19 November 2023. 

Aziz menyebut, dukungan bulat akan diberikan Ijtima Ulama kepada Anies dan Cak Imin jika keduanya telah menyepakati pakta integritas tersebut. Adapun pakta integritas itu kata dia disusun oleh para ulama, tokoh, hingga lapisan masyarakat yang hadir dalam acara Ijtima Ulama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya