Gibran Hadiri Silatnas Desa Bersatu, TKN: Tak Ada Sama Sekali Penyampaian Dukungan Politik

Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Kehadiran calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka dalam acara silaturahmi nasional (Silatnas) Desa Bersatu 2023 tengah jadi sorotan. Gibran dispekulasikan terima dukungan dari perangkat desa.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Menanggapi itu, pihak Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming pun buka suara dengan beri penjelasan. Wakil Komandan Hukum dan Advokasi TKN, Habiburokhman menjelaskan acara Silatnas Desa Bersatu adalah acara penyampaian aspirasi dari organisasi-organisasi perangkat desa yang tergabung dalam organisasi Desa Bersatu.

Menurut dia, sejak penyampaian undangan, dipastikan acara tersebut tidak ada penyampaian dan penerimaan dukungan.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

"Dalam pelaksanaan acara tersebut hingga selesai jelas tidak ada sama sekali bentuk penyampaian dukungan politik kepada kami," kata Habiburokhman, dalam keterangannya, Senin, 20 November 2023.

Cawapres Gibran Rakabuming Raka di Indonesia Arena, Senayan.

Photo :
  • Gerindra Tv
Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Dia menyampaikan pihaknya paham merujuk ketentuan Pasal 280, 282, dan 490 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu. Berdasarkan aturan itu, ada larangan keras melibatkan kepala desa dalam kampanye.

Pun, menurutnya ada juga larangan bagi kepala desa untuk membuat kebijakan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan paslon selama masa kampanye.

"Kami merasa perlu menghadiri undangan panitia tersebut karena kami memang harus mendengar, menerima, menyerap aspirasi semua elemen masyarakat termasuk kepala desa dan perangkat desa," ujarnya.

Pun, dia menuturkan pihaknya berkomitmen untuk terus beri perhatian pada desa dan masyarakat desa. Kata dia, desa perlu dilindungi dan diberdayakan agar jadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis.
 
"Sehingga dapat menciptakan landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera," tutur Wakil Ketua Komisi III DPR tersebut.

Gibran Hadir

Sebelumnya, berdasarkan pantauan VIVA di lokasi, Gibran hadir pada Minggu, 19 November 2023, sekitar pukul 15.30 WIB. Wali Kota Solo itu menggunakan kemeja lengan panjang berwarna biru muda. Momen kehadiran Gibran disambut riuh peserta yang sudah hadir sejak Minggu pagi. Saat menuju tempat yang sudah disediakan, Gibran dikerumuni masyarakat yang ingin berfoto. 

Koordinator Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Muhammad Asri Annas mengatakan Gibran akan menghadiri acara silaturahmi ini. 

"Kita akan lihat nanti apa yang akan disampaikan Mas Gibran, mudah-mudahan bapak Prabowo juga hadir," ujarnya. 

Annas menuturkan, untuk beberapa poin yang diharapkan bisa diakomodir ke depan oleh capres-cawapres diantaranya. Menurut dia, ada beberapa hal yang jadi perhatian yaitu reformasi tata kelola desa hingga dana desa. 

 

"Kemudian kedua dana desa Rp 5 miliar bersifat afirmatif. Kemudian evaluasi pendamping desa. Ketiga adalah memperbaiki kesejahteraan perangkat desa dan seluruh instrumen organisasi yang ikut mendukung Pemerintah," kata Annas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya