Erick Thohir Respons Pilot Garuda Pose 3 Jari Bareng Mahfud MD: Kan Bukan ASN

Menteri BUMN RI, Erick Thohir
Sumber :
  • PNM

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menanggapi foto calon wakil presiden (cawapres) nomor urut tiga, Mahfud MD yang berpose tiga jari bersama pilot dan kopilot di kokpit pesawat beberapa waktu lalu. Erick sendiri tak ambil pusing mengenai foto tersebut.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Modern dan Tradisional dalam Sembilan Inspirasi Busana

Alasan Erick karena para pilot dan kopilot itu merupakan pegawai BUMN, bukan ASN yang harus menjaga netralitas pada Pilpres 2024.

"Kalau BUMN kan bukan ASN. Itu saja, ha ha ha. Kategorinya kan mesti ada, kalau kementerian BUMN. Nah, itu ada catatan," kata Erick Thohir kepada wartawan di Jakarta, dikutip Senin, 20 November 2023.

Kelana Wastra Fashion Fest 2024: Perpaduan Tradisional, Modern, dan Ramah Lingkungan

Mahfud MD berpose dalam kokpit bersama Pilot dan memamerkan 3 jari.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Terkait dengan banyaknya kritik dan saran atas pose foto tiga jari itu, Erick Thohir mengaku terbuka. Terlebih masukan itu berkaitan dengan dinamika di tahun politik ini.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Tak hanya itu, Erick Thohir juga mengaku telah bersih-bersih di Kementerian BUMN imbas dari kasus yang ada.

"Semua di dalam dinamIka politik ini, saya sebagai Menteri BUMN, sebagai orang profesional, ketika para calon presiden ada masukan, ada kritik kepada BUMN, saya terbuka, karena ini saya profesional," ungkapnya.

Namun, ia menuturkan segala masukan untuk kebaikan BUMN akan ditampungnya. Dia tak menafikan karena kondisi saat ini merupakan tahun poliitk.

"Tentu masukan dan pendapat itu perlu saya dengarkan, karena ini tahun politik. Tapi percayalah, saya di BUMN sudah melakukan bersih-bersih, hasilnya sudah ada, apakah maksimal, tentu perlu progres ke depan," ujar Erick.

Garuda Panggil Pilot-Kopilot Pose Tiga Jari 

Buntut pose 3 jari, Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra merespons viralnya pilot dan kopilot Garuda Indonesia yang berfoto pose tiga. Momen tiga pilot itu dilakukan dengan cawapres nomor urut 3 Mahfud Md di dalam kokpit pesawat saat menuju ke Sumatera. Foto itu beredar di media sosial.

"Hal tersebut tentunya menjadi perhatian kami di Garuda," kata Irfan dalam keterangannya Jumat 17 November 2023.

Irfan mengingatkan seluruh karyawan Garuda Indonesia yang merupakan maskapai berpelat merah untuk menjaga netralitas. Ia bilang demikian karena untuk menghindari persepsi negatif jelang Pemilu 2024.

"Ke depannya kami akan kembali mengingatkan kepada seluruh karyawan tentang pentingnya menjaga semangat netralitas, utamanya pada masa-masa sekarang ini,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya