Soetrisno Bachir PAN Gabung Timnas Anies-Cak Imin, Sudirman Said Beri Penjelasan

Mantan Ketua Umum PAN Soetrisno Bachir.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Jakarta – Mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN, Soetrisno Bachir, resmi masuk dalam Timnas Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar. Walau, PAN sendiri adalah salah satu partai pengusung Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, di Pilpres 2024.

Saat Berdoa di Rakornas Pilkada, PAN Yakin Dapat Jatah Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran

Soetrisno saat ini menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan DPP PAN 2020-2025. Wakil Kapten Timnas AMIN, Sudirman Said menjelaskan alasan Soetrisno lebih memilih Anies-Cak Imin, beda dengan keputusan partainya. Dikatakan Sudirman Said, masuknya Soetrisno Bachir karena komunikasi pribadi dengan Anies Baswedan.

"Iya (komunikasi pribadi)," ujar Sudirman Said di Rumah Koalisi Perubahan Jalan Brawijaya X, Jakarta Selatan pada Rabu 22 November 2023.

Timnas Indonesia Sedang Berkembang, Pemain Vietnam Malah Pesta Narkoba

Kendati demikian, dirianya tidak mengetahui secara detail bagaimana komunikasinya dengan PAN. Masuknya Soetrisno ke Timnas AMIN bertolak belakang dengan PAN yang ada dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan telah dinyatakan mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kita enggak tahu. Karena Pak Soetrisno kita undang atau dimohon sebagai tokoh Muhammadiyah," ucap Sudirman.

Dipimpin Desy Ratnasari, Seluruh Kader PAN Deklarasi Dukung Zulhas Jadi Ketum Lagi

Sudirman juga menuturkan, kalau Timnas AMIN sekaligus capres-cawapresnya tidak akan ikut campuri urusan partai politik lainnya. Terkhusus partai dalam koalisi lain.

"Ya kan masing-masing punya kedaulatan. Seluruh keterlibatan itu kecuali dari partai itu keterlibatan person person, pribadi," kata dia.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Amanat Nasional (PAN) 2020-2025 Soetrisno Bachir ternyata direkrut masuk dalam jajaran Timnas Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN). Soetrisno tercatat masuk sebagai wakil ketua dewan penasihat di tim tersebut.

"Lebih mewakili unsur Muhammadiyah, sebagai tokoh Muhamadiyah yang terlibat disini," kata Anies Baswedan di Rumah Perubahan Jalan Diponegoro 10, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa 21 November 2023.

Anies mengklaim bahwa komunikasi dengan Soetrisno sudah dilakukan sejak lama. Sejatinya, Timnas AMIN turut mengundang ketua umum PAN 2005-2010, walhasil dia mau menerimanya.

"Jadi memang beliau sebagai tokoh Muhammadiyah yang kami undang untuk ikut mulai dari sini. Sudah aktif juga sebetulnya," ucap Anies.

Pun, di waktu yang sama, kapten Timnas AMIN M Syaugi Alaydrus menegaskan kalau Soetrisno Bachir yang dimaksud yakni mantan Katua Umum PAN. Dia menyebutkan juga kalau Soetrisno juga merupakan pemgurus di Muhammadiyah.

"Jadi beliau itu pengurus Muhammadiyah, jadi beliau (Anies dan Muhaimin) yang lebih paham itu, kalau saya hanya menjalankan saja," kata Syaugi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya