Ganjar Janjikan Kursi Menteri kepada Perempuan Muhammadiyah jika Dia Jadi Presiden

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo di kampus UMJ
Sumber :
  • YouTube tvMU

Tangerang Selatan - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menjanjikan kursi menteri untuk perempuan dari Muhammadiyah apabila dia terpilih menjadi presiden RI pada Pemilu 2024.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Pernyataan tersebut Ganjar sampaikan dalam Dialog Terbuka Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Tangerang Selatan, Banten, Kamis, 23 November 2023.

Mulanya, Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu'ti menanyakan komitmen Ganjar tentang afirmasi perempuan. Maka itu, Mu'ti penasaran apakah Ganjar akan memberikan kursi menteri ke perempuan Muhammadiyah.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

"Apakah ada perempuan dari Muhammadiyah yang akan masuk kabinet Pak Ganjar dan Pak Mahfud?" tanya Mu'ti.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Ganjar pun langsung menjawab dengan nada yakin. Meski demikian, ia juga mengikuti jawabannya dengan canda. "Oh, pasti [menyediakan kursi menteri kepada perempuan Muhammadiyah], sengan suatu syarat, si perempuan itu menjadi tim sukses saya," kata Ganjar.

Kejadian serupa juga terjadi dalam Dialog Terbuka Muhammadiyah bersama pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Universitas Muhammadiyah Solo pada Rabu, 22 November.

Dalam acara tersebut, Abdul Mu'ti melontarkan pertanyaannya kepada Anies-Imin soal kuota jabatan menteri untuk Muhammadiyah.

Anies Baswedan di Universitas Muhammadiyah Surakarta

Photo :
  • Fajar Sodiq (Solo)

Kemudian, Anies menjawab secara tersirat bahwa pihaknya akan menyiapkan tempat menteri untuk anggota Muhammadiyah seperti halnya yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Pak Jokowi aja memberikan tempat apalagi kita," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya