Dukung Mahfud MD di Pilpres 2024, Kiai Yazid: Saya Bulat Ikut Penerus Gus Dur

Yenny Wahid bertemu Kiai Yazid di Ponpes Nurul Qarnain, Jember, Jawa Timur.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yaitu Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid melakukan safari politik di Pondok Pesantren Nurul Qarnain, Jember Jawa Timur. Yenny juga bertemu dengan pengasuh Ponpes Nurul Qarnain KH. Yazid Karimullah, para pengajar, hingga santri.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

KH. Yazid Karimullah menyampaikan terimakasih atasĀ  kedatangan Yenny Wahid di Ponpes tersebut. Ia merasa bangga karena figur Yenny merupakan penerus hadratus almarhum Gus Dur.

Pun, ia mengakui dirinya mendukung Mahfud MD yang kini merupakan cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Alasan dia, karena figur Mahfud MD merupakan pecinta dan pengikut Gus Dur.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

"Tentang masalah (Pilpres) 2024. Jadi, saya bulat memang saya pecinta penerusnya kiai Abdurahman Wahid antara lain Mahfud MD. Jadi, saya mengatakan yang setulus-tulusnya," kata Kiai Yazid, dalam keterangannya, Kamis, 23 November 2023.

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qarnain, KH. Yazid Karimullah

Photo :
  • istimewa
Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Kiai Yazid menceritakan kronologi dirinya yang mantap mendukung Mahfud MD. Menurutnya, pada 30 Mei 2023, Mahfud MD mengutus sekretarisnya yang bernama Iamam menemuinya untuk meminta tolong agar melakukan istikharah.

"Meminta tolong kepada saya untuk istikharah, kalau umpama maju (cawapres) kira-kira bagaimana? Jadi, tidak serta merta, bukan ambisi menjadi calon. Jadi masih tanya kepada Allah, minta petunjuk kepada Allah," jelas Kiai Yazid.

Lalu, setelah istikharah, Kiai Yazid memberikan jawaban bahwa Mahfud MD cocok dengan capres tertentu. Jawban Kiai Yazid itu pun melaporkan kepada utusan Mahfud itu. "Jadi, bukan seenaknya kita mendukung. Jadi, saya paling tidak minta petunjuk," katanya.

Selanjutnya, pada 24 Oktober 2023, Mahfud MD datang ke Ponpes Nurul Qarnain. Namun, menurutnya dalam silaturahim tersebut tak ada sedikitpun pembahasan terkait politik.

"Beliau datang ke Nurul Qarnain tapi tidak membicarakan tentang politik sekalimat pun gak ada. Dengan saya gak pernah berbicara politik pada saat datang ke sini," ujarnya.

Adapun, Yenny Wahid dalam kesempatan itu mengapresiasi Ponpes Nurul Qarnain lantaran jadi salah satu pelopor Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia. Bagi dia, hal itu sebagai perkembangan positif lantaran ada ponpes yang punya komitmen besar untuk mengatasi masalah dunia.

"Dan melibatkan para santri dalam mengatasi masalah dunia. Maslah dunia mulai dari kelaparan, perubahan iklim, pemanasan global dan lainnya," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya