Yenny Wahid: Lingkaran Kekerasan di Papua Harus Diputus Bukan dengan Pendekatan Memukul

Putri Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Yenny Wahid
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Jakarta - Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud Md menggunakan strategi pendekatan dialog dan partisipasi masyarakat untuk menjaring suara.

Harga Gula Meroket, Ini Kata Kadis Perindag ESDM Sumut

Anggota Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud Yenny Wahid, di Jakarta, Selasa, 28 November 2023, mengatakan bahwa upaya Ganjar berkampanye di Merauke, Papua Selatan, adalah strategi pemerintahan ke depan untuk lebih menekankan dialog dan partisipasi masyarakat.

"Jadi, di Papua kita selama ini tahu bahwa masih banyak terjadi lingkaran kekerasan yang harus diputus, dan itu haya bisa diputus ketika ada pendekatan yang merangkul bukan memukul; ada pendekatan yang mengajak masyarakat untuk turut bersama-sama berdialog untuk kebaikan semua," ujar Yenny.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Calon presiden nomer urut 3 Ganjar Pranowo saat berkampanye di Distrik Semangga, Waninggap Nanggo, Kecamatan Semangga, Kabupaten Merauke, Papua Selatan, Selasa, 28 November 2023.

Photo :
  • ANTARA

Putri presiden keempat Indonesia Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tersebut mengatakan kampanye perdana Ganjar memberikan penekanan pada aspek kesejahteraan, pembangunan puskesmas dan posko kesehatan untuk tiap kampung.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Menurutnya, akses pelayanan kesehatan masih minim, terutama di daerah pesisir dan pedalaman Papua. "Strategi ke depan adalah peningkatan kepada dialog partisipasi masyarakat, dan ketiga aspek kesejahteraan," ujarnya.

Selain itu, menurut Yenny, Mahfud Md memiliki komitmen kuat dalam strategi dialog yang dilakukan TPN Ganjar-Mahfud. Dia menegaskan bahwa Mahfud berkomitmen dalam penegakan hukum untuk mengawal agenda penting yang berfokus pada pemberantasan korupsi dan penegakan hukum.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

VIVA Militer : Pasukan TNI sisir kelompok bersenjata OPM di Papua (ilustrasi)

Photo :
  • Viva.co.id

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya