Waspada Hoax di Masa Kampanye Pemilu, Bawaslu Buka 3 Saluran Aduan

Ilustrasi/kabar hoax.
Sumber :
  • PeopleOnline

Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI membuka tiga saluran pengaduan informasi hoax saat masa kampanye Pemilu 2024. Tahapan kampanye pemilu sudah dimulai sejak Selasa kemarin.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

"Saluran pertama adalah hotline aduan hoaks di internet, baik website/laman maupun media sosial, dengan nomor 08119810123," kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Humas Bawaslu Lolly Suhenty dalam keterangan tertulisnya diterima Rabu, 29 November 2023.

Rakornas Gakkumdu Bawaslu RI Jelang Kampanye Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Pun, saluran kedua yakni aduan melalui email medsos@bawaslu.go.id/. Dan, ketiga yakni saluran Posko Aduan Masyarakat di kantor pengawas pemilu di seluruh tingkatan.

"Peluncuran ini merupakan salah satu kesiagaan Bawaslu mengawasi konten hoaks pemilu, sekaligus memperkuat 2 saluran aduan yang telah ada sebelumnya," jelas Lolly.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Loly menuturkan pihaknya mengimbau peserta pemilu, pejabat negara, dan seluruh masyarakat untuk bersama-sama melawan hoaks pemilu. Selain itu, bisa menyampaikan informasi/aduan/laporan jika menemukan konten internet yang melanggar.

Loy berharap Pemilu 2024 juga bisa berjalan dengan jujur, adil, demokratis, aman, damai, dan jauh dari informasi yang keliru dan menyesatkan.

Untuk diketahui, tahapan kampanye Pemilu 2024 sudah dimulai sejak 28 November 2023 sampai 10 Februari 2024. Dengan demikian, durasi kempanye akan berlangsung hingga 75 hari.

Pun, usai masa tenang beberapa hari, selanjutnya pemungutan suara akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya