KPU: Kemungkinan Lokasi Debat Capres-Cawapres di Jakarta Semua

Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari usai rapat teknis pendaftaran capres-cawapres
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan kemungkinan lokasi debat capres-cawapres 2024 akan digelar di Jakarta semuanya. Jadwalnya akan dimulai Desember 2023 

Partai Gelora Tolak PKS, Partai Koalisi Serahkan Keputusan Akhir di Prabowo Subianto

"Kemungkinan rencananya di Jakarta semua," kata Hasyim Asy'ari di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 29 November 2023. 

Hasyim menuturkan, bahwa 1 dari 5 lokasi debat rencananya digelar di kantor KPU. Namun, Hasyim belum mengetahui rencananya di debat yang ke berapa yang bakal diadakan di kantor KPU. "Ada satu nanti entah pembukaan atau penutupan di kantor KPU," kata Hasyim.

Gerindra Harap Ada Titik Temu Setelah Partai Gelora Tolak PKS Gabung Koalisi

Hasyim menambahkan, saat ini KPU sedang mematangkan format debat agar, pelaksanaannya dapat hidup. 

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Soal Sengketa Pileg, KPU Tegaskan Hasil Pemilu Telah Penuhi Akuntabilitas Publik

Selain itu, dia juga ingin format debat yang digelar nanti bisa memberikan inspirasi para calon untuk berdebat secara rasional dan sehat terkait topik-topik debat.

"Tentang materi debat, kan di UU Pemilu topik-topik besarnya sudah ada semua. Yang kemudian dari situ nanti kita carikan rumusan lebih teknisnya,” tutur Hasyim.

Dia menyebut salah satunya terkait isu debat seperti misalnya persoalan pemerintahan. “Topik pemerintahan misalkan, lalu apa saja yang perlu diperdebatkan, atau jadi isu untuk jadi perbincangan antar-para calon," ujarnya.

Mekanisme Debat

Sebelumnya, Hasyim mengatakan pihaknya mengundang sejumlah pihak untuk membahas mekanisme debat capres cawapres pada Rabu, Rabu, 29 November 2023. Mereka yang diundang dianggap paham tentang mekanisme debat.

"Rencananya mengundang rapat sejumlah pihak secara maraton, rencananya akan mengundang sejumlah orang yang kita anggap paham dan tahu tentang mekanisme debat capres-cawapres," kata Hasyim kepada wartawan, dikutip Rabu, 29 November 2023.

Hasyim menuturkan, pihak-pihak yang diundang antara lain, akademisi, kalangan pemerintah, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), jurnalis hingga masyarakat sipil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya