Tak Ada Debat Khusus Cawapres, Cak Imin: Kita Menyesal Itu Terjadi

Cawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap, ada sesi debat khusus bagi calon wakil presiden yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Survei LSI: 60,5 Persen Masyarakat Tak Setuju Pendapat Pemilu 2024 Curang

Cak Imin mengatakan, dia belum mengetahui ada perubahan sesi debat cawapres. Namun, dia menyesali bila sesi itu ditiadakan.

"Saya belum tahu maksudnya apa kok perubahan itu terjadi. Tentu kita menyesal itu terjadi, tidak seperti lima tahun yang lalu," kata Cak Imin di Ancol, Jakarta, Jumat, 1 Desember 2023.

Penerima Bansos Mayoritas Dukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024, Hasil Survei LSI

Bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan yang juga merupakan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ditemui di Tugu Proklamasi, Jakarta, Minggu, 1 Oktober 2023.

Photo :
  • ANTARA/Fath Putra Mulya

Cak Imin menuturkan, debat antara capres dan cawapres merupakan bagian dari transparansi dan rencana gagasan untuk ke depannya. Sehingga, jika ingin Pemilu yang baik, sesi debat itu harus tetap ada.

"Sebetulnya debat ini bagian dari transparansi dari rencana dan gagasan ke depan. Kalau pemilu ini mau baik, ya kita adu gagasan adu program, adu ide kita siap melakukan itu. Tapi KPU kita tunggu supaya lebih terbuka," ujarnya.

Prabowo Subianto Unggul di Pilpres 2024 juga Karena Migrasi 66 Persen Pemilih Jokowi-Maruf di 2019

"Ya pasti kita ingin berharap itu (ada sesi debat khusus cawapres)," katanya menambahkan.

Perlu diketahui, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, KPU tidak akan menggelar debat yang khusus diikuti oleh capres dan cawapres.

Adapun dalam hal ini KPU mengatur hanya lima debat yang akan diselenggarakan. Di mana akan terbagi dalam tiga kali debat calon presiden dan wakil presiden. Capres dan cawapres juga secara bersamaan akan naik ke panggung dalam lima debat tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya