Tiadakan Debat Cawapres Adalah Usulan Tim AMIN, Anies Baswedan Jawab Begini

Anies Baswedan saat kampanye di GOR Gondrong Green Lake, Cipondoh, Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

MedanCapres nomer urut satu, Anies Baswedan Hanya menjawab singkat, kalau ternyata usulan agar debat cawapres ditiadakan adalah dari timnya, Tim Anies-Muhaimin atau Cak Imin, AMIN. Debat capres-cawapres yang digelar KPU di Pilpres 2024, akan digelar sebanyak 5 kali.

Update Real Count KPU 76,56%: Prabowo-Gibran 58,84%, AMIN 24,33%, Ganjar-Mahfud 16,83%

Sebalumnya Anggota Dewan Kehormatan Prabowo-Gibran, Dradjad H Wibowo, menyebut bahwa usulan format debat dengan menghadirkan seluruh capres-cawapres pada 5 kali debat, adalah usulan Tim AMIN, dalam rapat KPU yang dihadiri juga oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari.

Menanggapi itu, Anies enggan berbicara banyak soal usulan tersebut. Sebab, hal itu sudah jadi ranah KPU yang bakal jawab sepenuhnya.

Viral Lagi, Dialog Imajiner Anies dan Bung Hatta: Integritas Hari Ini Jadi Barang Mewah

"Saya sudah komentar kemarin. Kita tunggu saja," ujar Anies Baswedan kepada wartawan di Medan Sumatera Utara, Minggu 3 Desember 2023.

Anies tetap keras tak mau menjawab soal usulan format debat tersebut. Sebab, semuanya ada di pihak KPU yang wajib menjawabnya.

KPU Gelar Pemungutan Suara Susulan di 225 TPS, Terbanyak di Demak dan Paniai

"Ya nanti KPU aja yang komentar," kata dia.

TKN Bilang Yang Menolak Kubu AMIN

Dalam keterangan persnya, Anggota Dewan Pakar Prabowo-Gibran, Dradjad H Wibowo, memberi penjelasan. Termasuk menjawab pernyataan Anies yang menyebut dirinya terkejut, sebab belum ada pembicaraan bersama tetapi sudah ditetapkan. Dradjad menegaskan, yang meminta tidak ada debat cawapres adalah kubu AMIN, Anies-Muhaimina atau Cak Imin.

Dradjad mengatakan usulan agar capres dan cawapres hadir bersama dalam setiap debat muncul dalam rapat atau diskusi dengan KPU pada 29 November 2023. Perwakilan Prabowo-Gibran ada 6 orang, dipimpin oleh Burhanuddin Abdullah sebagai Ketua Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran.

"Perwakilan Anies-Muhaimin menyampaikan beberapa masukan/usulan. Salah satunya berbunyi kira-kira sebagai berikut: 'Agar dalam setiap sesi debat, capres dan cawapres hadir bersama, pembagian waktu/porsi berbicara silakan diatur oleh KPU'. Usulan ini disampaikan oleh seorang ibu dari perwakilan Anies-Muhaimin dan dikuatkan oleh rekannya. Notulis kami tidak mengetahui nama keduanya, tapi saya yakin KPU mempunya daftar hadir, atau mungkin rekaman dar rapat tersebut," jelas Dradjad dalam keterangannya, Minggu 3 Desember 2023.

Lebih lanjut Dradjad menjelaskan, dengan usulan tersebut, maka saat mendapat kesempatan berbicara, pihaknya yang diwakili Burhanuddin Abdullah menyampaikan beberapa masukan. Termasuk menyetuji usulan dari AMIN tersebut.

"Dengan demikian, jelas dan gamblang bahwa Presiden Jokowi sama sekali tidak melakukan intervensi urusan debat kepada KPU. Bahkan saya pribadi meyakini, Beliau tidak mengetahui tentang adanya usulan tersebut," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya