Debat Capres-Cawapres Perdana Digelar 12 Desember 2023, Simak Aturan Lengkapnya

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari
Sumber :
  • Ist

Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan, debat capres dan cawapres 2024 bakal digelar pada tanggal 12 Desember 2023. Tepatnya dimulai jam 19.00 WIB. 

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Debat perdana Pilpres 2024 ini akan dilakukan di Jakarta dengan disiarkan langsung dan live streaming di sejumlah stasiun TV nasional. 

Debat ini sesuai UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu). Hasyim menuturkan keseluruhan debat dilakukan dalam durasi 150 menit dengan rincian 120 menit untuk segmen debat, dan 30 menit untuk jeda iklan.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA

Format debat pasangan calon dilakukan dengan format kandidat-moderator. Jadi, debat pasangan calon dan pendalaman materi akan dipandu oleh moderator.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

Hasyim menambahkan, tema yang diangkat pada debat perdana yakni mengenai hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat kedua, yakni digelar pada Jumat, 22 Desember 2023 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional.

Kemudian debat ketiga, pada Minggu, 7 Januari 2024 dengan megangkat tema Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, Infrastruktur.

Tiga Paslon Capres-Cawapres untuk Pilpres 2024

Photo :
  • VIVA

Selanjutnya, debat keempat, Minggu, 21 Januari 2024, dengan tema Energi, SDA, SMN, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, dan Agraria, dan Masyrakat Adat.

Terakhir, debat kelima, Minggu, 4 Februari 2024 dengan tema Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan, Kesehatan (Post-COVID Society), dan Ketenagakerjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya