Janji Anies Baswedan Bangun 10 Stadion Bertaraf Internasioal, Salah Satunya di Banjarmasin

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di laga uji coba lapangan latih JIS
Sumber :
  • Anies Baswedan/Instagram

Jakarta - Calon presiden atau capres nomor urut 1, Anies Baswedan, berjanji bila terpilih di Pilpres 2024, akan membangun stadion bertaraf internasional di 10 kota. Salah satunya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Anies membangun Jakarta International Stadium atau JIS.

Gagal Tembus Parlemen, Dede Sunandar Curhat Diminta Penuhi Kebutuhan Bulanan Warga

Janji tersebut disampaikan Anies Baswedan, saat menghadiri acara ‘Desak Anies’ di Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Selasa, 5 Desember 2023.

"Kami berencana bukan hanya di Banjarmasin, Insya Allah ada sekitar 10 kota yang nanti akan kita bangun juga (stadion berskala Internasional)," kata Anies Baswedan. 

Nusron Wahid Nilai Berlebihan Usulan Hak Angket DPR Terkait Dugaan Kecurangan Pemilu 2024

Jakarta Internasional Stadium (JIS) atau Stadion JIS di Jakarta Utara

Photo :
  • Stadion JIS

Kendati begitu, eks Mendikbud RI itu belum mau membeberkan kota-kota mana saja yang akan dibangun stadion sepak bola berstandar Internasional itu.

Masih Nunggu Perhitungan Suara KPU, Denny Cagur Ngaku Datangi 194 Desa Saat Kampanye

"Nah itu diumumkannya nanti, jangan sekarang. Satu-persatu aja pengumumannya," kata dia.

Di sisi lain, Anies menyinggung soal Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang pernah dibangunnya saat menjadi Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Ia menyebut awalnya masyarakat pesimis dengan pembangunan JIS.

"Alhamdulillah kita pernah mengerjakannya di Jakarta. Dan kita melawan semua orang-orang yang pesimis bahwa stadion itu bisa dibangun," kata Anies.

Namun, lanjut dia, JIS menjadi salah satu stadion sepak bola berstandar Internasional terbaik di dunia. Ia berharap, agar pembangunan stadion sepak bola di kota-kota besar nantinya akan menjadi sorotan dunia.

"Dan sekarang justru menjadi salah satu stadion terbaik di dunia itu ada Jakarta," pungkasnya.

Sebagai informasi, capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengaku bangga Jakarta Internasional Stadium (JIS), Jakarta Utara dipakai sebagai salah satu venue Piala Dunia U-17. Ia menyebut JIS merupakan karya anak-anak bangsa.

"JIS ini sebuah mega struktur yang diakui dunia dan ini karya 100 persen anak-anak bangsa Indonesia, tidak menggunakan tenaga asing. Menjadi bukti bahwa bila kita mau memberikan kesempatan, maka anak-anak Indonesia bisa mahakarya seperti JIS," kata Anies kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 12 November 2023.

Anies menyebut stadium peninggalannya saat masih menjabat Gubernur DKI Jakarta itu memang dirancang untuk skala global. Maka dari itu, kata dia, JIS memang pantas menjadi salah satu venue piala dunia U-17. 

"Karena ini memang karya skalanya global, karena itu wajar apabila tempat ini digunakan event-event global juga," ujarnya.

Anies juga mengaku senang dengan komentar para pelatih sepak bola Internasional tentang JIS. Hal itu, kata Anies, dapat berpengaruh positif bagi bangsa Indonesia.

"Dan kami senang dengan komentar jujur para pelatih internasional, karena komentar-komentar jujur seperti ini lah yang kita butuhkan supaya bangsa kita juga memiliki keyakinan atas apa yang dibuat oleh bangsanya sendiri," ucap Anies.

Dengan begitu, kata Anies, masyarakat bisa melihat atas apa yang telah dikerjakannya saat menjabat Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 lalu.

"Saya rasa seluruh rakyat Indonesia akan bisa melihat, menilai dan menyimpulkan, dan kita kerjakan yang terbaik aja biar masyarakat menilai. Ke depan jadi pelajaran, bahwa penting sekali kita menomorsatukan kepentingan bangsa, kepentingan negara di atas kepentingan yang lain," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya