Anies Bakal Bangun Jalur Kereta Api di Kalsel, Orang Pertama yang Diundang Ignasius Jonan

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan.
Sumber :
  • Instagram @aniesbaswedan

BanjarmasinCapres nomer urut satu, Anies Baswedan berjanji bahwa dirinya jika terpilih menjadi Presiden RI, maka dirinya akan membangun moda transportasi kereta api di Kalimantan Selatan. Menurutnya, pembangunan tersebut dibutuhkan sekali di wilayah Kalimantan Selatan demi mengurai kemacetan yang terjadi.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Anies menjelaskan bahwa jika dirinya benar ingin membangun rel kereta api itu, maka dirinya akan langsung menghubungi Ignasius Jonan. Jonan diketahui merupakan sosok mantan Menteri Perhubungan Indonesia.

"Oiya kalau nanti kita melalukan pembangunan kereta api. Maka orang pertama yang kami undang adalah pak Jonan," ujar Anies kepada wartawan dikutip Rabu 6 Desember 2023.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan saat kampanye di Kota Bandung.

Photo :
  • Instagram @aniesbaswedan

Anies menuturkan bahwa Ignasius Jonan merupakan sosok yang paham sekali soal pembangunan moda trasnportasi. Tidak ada masalahnya jika Jonan tetap dilibatkan nanti meski dia tak terlibat dalam dukungan ke pasangan Anies-Cak Imin.

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

"Jadi kalau bicara tentang kereta api maka orang yang kami ajak dan kami libatkan (Ignasius Jonan). Beliau memang non partisian. Beliau tidak terlibat kampanye dan tidk terlibat dalam politik tapi dia profesional yang kami ajukan," tegas Mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Janji Anies

Dalam kampanye yang dilakukan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, calon presiden atau capres nomor urut 1, Anies Baswedan, menilai jalur kereta api sangat dibutuhkan di sini. Dia berjanji, akan membangun moda transportasi tersebut.

Hal tersebut disampaikan Anies, saat menjawab pertanyaan masyarakat Kalimantan Selatan dalam agenda kampanyenya bertajuk Desak Anies, Selasa, 5 Desember 2023.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, Pembangunan jaringan rel kereta api ini dilakukan untuk mengurai intensitas lalu lintas yang cukup tinggi di wilayah Banjar Baru dan Banjarmasin.

"Saya juga ingin sampaikan Banjar Baru dan Banjarmasin ini intensititas lalu lintas cukup tinggi ini sebenarnya ini kawasan yang perlu dibangun jaringan rel kereta api di wilayah ini," ujar Anies dalam acara Desak Anies di Kalimantan, Selasa.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dalam kegiatan Kongres Pemuda Perubahan di Jakarta, Rabu, 29 November 2023.

Photo :
  • ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

Tak hanya itu, Anies berjanji bakal mengembalikan perkembangan ekonomi hijau di wilayah Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan reforestasi yang akan Anies lakukan guna menanggulangi kerusakan ekologis yang terjadi.

"Jadi kita ingin ekonomi hijau jadi prioritas di sini," kata dia.

Kemudian, Anies juga menjanjikan bahwa nantinya pembangunan di wilayah Kalimantan akan melibatkan masyarakat Kalimantan dan tidak mengambil tenaga kerja dari luar Kalimantan.

"Karena jangan sampai pembangunan dilakukan di Kalimantan, tapi yang bekerja dari luar Kalimantan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya