LSI Denny JA: Simulasi Head to Head, Prabowo-Gibran Unggul dari Ganjar-Mahfud

Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.
Sumber :
  • Biro Setpres

Jakarta – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon presiden (capres)-calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka versus Ganjar Pranowo-Mahfud MD jika pilpres masuk ke putaran kedua.

Prabowo Sebut Jokowi Pemimpin yang Ikhlas

Hasilnya, pasangan calon nomor urut 2, yaitu Prabowo-Gibran berhasil unggul dengan perolehan suara sebesar 53,2 persen. Sementara, Ganjar-Mahfud memperoleh suara 31 persen.

"Kita pakai simulasi menjadi dua pasang capres, ketika lolos misalnya pak Ganjar-Mahfud dengan Prabowo-Gibran. Hasilnya, memang Prabowo di angka 53,2 persen, Ganjar-Mahfud di angka 31 persen," kata Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam paparannya secara daring, Senin, 11 Desember 2023.

Prabowo: Tidak Boleh Ada Anak Menangis karena Kelaparan

Ardian melanjutkan bahwa terdapat selisih perbedaan antara suara Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud sebesar 22,2 persen. "Jadi putaran kedua jika dilakukan, Prabowo-Gibran Unggul telak di atas 20 persen," katanya.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Dasco Ungkap Kabar Terbaru soal Ide 'Presidential Club' yang Ingin Dibentuk Prabowo

Adapun survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 20 November hingga 3 Desember 2023. Sementara untuk metode sampling yang digunakan ialah Multistage Random Sampling. Responden yang berpartisipasi dalam survei itu sebanyak 1.200 responden.

Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan survei LSI Denny JA ini dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Sebelumnya, LSI Denny JA merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan berkontestasi pada Pemilu 2024. Hasilnya, pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul 42,9 persen suara di atas pasangan lainnya.

"Hasilnya adalah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka hasilnya tertinggi di angka 42,9 persen," kata Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam paparannya secara daring, Senin, 11 Desember 2023.

Pada urutan kedua, lanjut dia, ada pasangan calon nomor urut 3, yaitu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan perolehan suara sebesar 24,9 persen.

Kemudian di urutan ketiga, pasangan calon nomor 1 yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memperoleh suara sebesar 24 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya