Survei LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Tak Terkejar, Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin Beda Tipis

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Deklarasi Kampanye Pemilu Damai 2024 KPU
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, capres-cawapres, yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024.

Elite Gerindra Jelaskan Maksud Pesan Prabowo Jangan Ganggu Jika Tak Mau Kerja Sama

Hasil survei tersebut menempatkan pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, unggul 42,9 persen suara. Jauh di atas kedua pasangan kompetitornya.

"Hasilnya adalah Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka hasilnya tertinggi di angka 42,9 persen," kata Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam paparannya secara daring, Senin, 11 Desember 2023.

Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

Pada urutan kedua, lanjut dia, ada pasangan calon nomor urut 3 yaitu Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan perolehan suara sebesar 24,9 persen.

Sementara urutan ketiga, pasangan nomor 1 yaitu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memperoleh suara sebesar 24 persen.

Zulhas Tepis Anggapan Prabowo Anti Kritik soal Minta Oposisi Tak Ganggu Pemerintah

"Jika kita lihat selisih yang ada, 42 dengan 24,9, sudah leading selisihnya di angka 18 persen. Bahkan, di Anies-Muhaimin selisihnya 18,9 persen. Jadi ada elektabilitas yang jauh dengan nomor urut 2 dan 3, kemudian juga nomor urut 1. Jadi, Prabowo-Gibran unggul di atas 18 persen," jelas Ardian.

Adapun survei LSI Denny JA dilakukan pada periode 20 November hingga 3 Desember 2023. Sementara untuk metode sampling yang digunakan ialah multistage random sampling. Responden yang berpartisipasi dalam survei itu sebanyak 1200 responden.

Sementara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengambilan survei LSI Denny JA ini dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya