Survei Litbang Kompas: Prabowo-Gibran Unggul di Semua Kategori Usia, Utamanya Generasi Z

Pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta – Litbang Kompas merilis hasil survei terbaru bertajuk "Prabowo-Gibran Unggul, Pemilih Bimbang Meningkat" untuk periode 29 November 2023 - 4 Desember 2023.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Hasilnya, elektabilitas pasangan calon presiden - calon wakil presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka berada di puncak dengan perolehan 39,3% suara, mengungguli Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang memperoleh 16,7% dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 15,3% suara.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Adapun Prabowo-Gibran unggul di semua kategori usia, khususnya generasi Z dan Y (milenial), dengan persentase sebesar 54,5%.

"Suara Prabowo-Gibran menonjol di semua kategori usia, terlebih pada kalangan generasi Z dan Y (milenial). Dukungan dari generasi Z (17-25 tahun) bahkan mencapai 54,5%," tulis Litbang Kompas, Senin, 11 Desember 2023.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Hasil survei yang sama turut mengungkap bahwa Prabowo-Gibran juga unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden.

"Suara untuk pasangan ini lebih tinggi daripada dua pasangan calon lawannya, baik di perdesaan maupun perkotaan, serta dominan di kalangan perempuan dan laki-laki," sambung Litbang Kompas.

Selanjutnya, keunggulan suara pasangan Prabowo-Gibran juga tampak pada hampir semua kelompok pemeluk agama, semua strata pendidikan, dan kelas sosial ekonomi.


Source : dok. Istimewa

Survei Litbang Kompas kali ini dilakukan secara tatap muka dengan jumlah responden sebanyak 1.364 orang. Ribuan responden tersebut dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Adapun margin of error dari survei ini +/- 2,65% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya