Panggung Debat jadi Momen Anies-Cak Imin Keruk 'Undecided Voters'

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) dalam Rakornas Gakkumdu Bawaslu
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Hasil terbaru survei Litbang Kompas melaporkan masih ada 28,7 persen suara yang belum menentukan pilihan atau undecided voters. Dari Timnas Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) optimis undecided voters masih bisa diambil untuk  berlabuh beri dukungan.

Uang Lebih Banyak Menentukan dalam Proses Politik Kepemiluan RI, Menurut Pengamat

Asisten Pelatih Timnas Amin Jazilul Fawaid alias Gus Jazil mengatakan dari hasil sisa suara yang belum menentukan itu akan pro terhadap perubahan.

"Tapi, memang pemilih Amin cenderung diam, tunggu saja pada akhirnya. Saya yakin yang 28 persen yang belum tentukan itu mayoritas mereka yang pro perubahan," kata Gus Jazil, Senin, 12 Desember 2023.

Unggah Kopi Tubruk, Anies Ikutan Senggol Asian Value dan Human Rights

Dia menuturkan kubu Amin akan membidik suara pemilih tersisa itu agar mendukung pro ide perubahan lewat debat capres-cawapres.

"Ya, memang besarnya suara yang belum menentukan ini peluang untuk Amin terus bekerja. Ya, salah satunya debat tapi yang lebih penting turut bekerja di lapangan," jelas Gus Jazil.

PDIP Kemungkinan Dukung Anies di Pilgub Jakarta, Nasdem: Ndak Jarang Barisan Sakit Hati Bertemu

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Rakornas Gakkumdu Bawaslu

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menyebut Timnas Amin akan berusaha mendulang dukungan setidaknya 10 persen dari undecided voters yang tersisa untuk pro perubahan.

"Jadi, kalau untuk masuk putaran kedua dari sisa 28 persen yang belum menentukan, ya mudah-mudahan kami bisa ambil 10 persen lagi," ungkap dia.

Dia tak merasa khawatir dengan hasil survei elektabilitas terbaru Litbang Kompas. Menurutnya, tren kenaikan elektabilitas tersebut harus dipertahankan.

"Kita tidak khawatir dan sangat optimis kalau melihat hasil Kompas yang mengalami tren kenaikan pasangan Amin, dibanding yang lain," lanjut Gus Jazil.

"Oleh sebab itu tren kenaikan inilah yang harus dipertahankan dan harus kita percepat," ujarnya.

Sebelumnya, Survei Litbang Kompas melaporkan ada kenaikan elektabilitas duet Anies-Muhaimin (Amin). Maka itu, survei menilai pasangan Amin bisa melesat menang di putaran kedua Pilpres 2024.

Survei Litbang Kompas merilis elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dapat tingkat keterpilihan 39,3 persen. Sedangkan, Anies-Muhaimin 16,7 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD 15,3 persen.

Survei terbaru Litbang Kompas itu dilakukan dalam kurun waktu 29 November hingga 4 Desember 2023. Jajak pendapat survei dilaksanakan lewat wawancara tatap muka dengan melibatkan 1.364 responden di 38 provinsi.

Angka tingkat kepercayaan dari metode itu mencapai 95 persen. Pun, margin of error dari survei tersebut kurang lebih 2,65 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya