Debat Capres, Prabowo Curhat Diserang Isu Pelanggaran HAM Tiap 5 Tahun

Prabowo Subianto
Sumber :
  • Dokumentasi TKN

Jakarta - Calon presiden (capres) nomor urut dua, Prabowo Subianto mengatakan dirinya selalu diserang isu dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) tiap lima tahun. Serangan isu HAM itu kata Prabowo selalu muncul saat elektabilitasnya sedang meroket.

Momen Prabowo Diberikan Patung oleh Jenderal Hendropriyono

Hal itu dikatakan Prabowo saat menjawab pertanyaan capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo soal pelanggaran HAM dalam debat perdana capres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 12 Desember 2023.

"Saya sudah jawab berkali-kali, ada rekam jejak digitalnya. Saya sudah jawab berkali-kali, tiap lima tahun kalau polling saya naik ditanya lagi soal itu," kata Prabowo.

Jokowi akan Bisiki Prabowo soal Potensi Besar dari Budi Daya Ikan Nila Salin

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mantan Danjen Kopassus itu mengklaim menjadi sosok yang paling keras memperjuangkan HAM. Dia juga menyebut banyak tahanan politik yang dulu disebut diculik olehnya namun kini berada di pihaknya dan mendukungnya jadi Presiden.

Yusril Nilai Prabowo Tak Bisa Otomatis Tambah Kementerian, Mesti Revisi UU atau Bikin Perppu

Dia juga mengingatkan Ganjar agar tak melakukan politisasi persoalan HAM. "Jadi saya tadi katakan, Saya merasa bahwa saya yang sangat keras membela hak asasi manusia. Nyatanya orang-orang yang dulu ditahan, tapol-tapol, yang katanya saya culik sekarang ada di pihak saya membela saya, Jadi masalah HAM jangan di politisasi Mas Ganjar," kata Prabowo.

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mendengar pernyataan itu, Ganjar pun mengatakan bahwa Prabowo tak memiliki ketegasan dalam menjawab pertanyaannya soal pelanggaran HAM. 

"Pak Prabowo ini punya ketegasan yang luar biasa, luar biasa. Tapi sayang pada dua jawaban itu sama sekali tidak punya ketegasan," kata Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya