Prabowo Subianto yang Tunjukkan Komitmen Lanjutkan Capaian Jokowi

Debat Capres-Cawapres Pertama
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Debat perdana capres pada 12 Desember 2023 kemarin, menunjukkan juga siapa yang akan melanjutkan capaian yang telah diraih selama hampir 10 tahun pemerintahan Presiden Jokowi.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad), Mudiyati Rahmatunnisa, menilai kalau capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, lebih to the point ketika memberi respon dalam debat kemarin.

"Menurut saya, semua kandidat sudah all out, menampilkan sisi terbaiknya dalam berdebat. Pak Prabowo memang langsung atau to the point dalam merespons pernyataan dari lawan debatnya," katanya, dikutip Kamis 14 Desember 2023. 

Prabowo Bilang Bung Karno Bukan Milik Satu Partai, Elite PDIP Beri Penjelasan Begini

Dijelaskannya, seperti apa penerimaan publik terhadap penampilan capres, bisa saja berbeda. Tergantung seperti apa perspektif mereka terhadap masing-masing capres yang tampil.

"Yang sudah suka, pasti positif, yang sudah punya preferensi yang beda, cenderung negatif," katanya.

Ganjar Serukan "Membuka Ruang Check and Balances" bagi Pemerintahan

Pasca debat, di media sosial ramai juga menampilkan berbagai persepsi atas penampilan capres tersebut. Seperti ada yang menyebut Prabowo tegas. Ada juga yang menyebut emosi. Menurutnya, dua persepsi ini memang beda tipis.

Sementara Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rifan, para kandidat menampilkan ciri khasnya masing-masing.

"Prabowo memang ingin menunjukan posisinya sebagai orang yang punya komitmen melanjutkan apa yang dicapai Presiden Jokowi hari ini," ujar Ali.

Performance yang ditunjukkan Prabowo dengan gimiknya, menurut dia ada baiknya juga. Karena gimik itu juga menarik perhatian dari masyarakat. 

"Ada beberapa gimik dari Pak Prabowo yang menarik dan mencuri perhatian publik," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya