Mahfud MD Sebut Cak Imin Lawan Terberat di Debat Cawapres, Anies: Saya Bangga Sekali

Pasangan Capres-Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Bekasi – Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan menyebut tandemnya yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sebagai cawapres yang punya kompetensi. Anies bilang demikian untuk merespons pernyataan Mahfud MD soal lawan terberatnya adalah Cak Imin di debat cawapres pekan depan.

Kursi PAN Bertambah Jadi 48, Zulhas: Terima Kasih Pak Prabowo

"Jadi, kalau pak Mahfud tadi menyampaikan begitu, ya kami terima kasih. Karena memang Gus Imin itu adalah cawapres yang memiliki kompetensi yang lengkap,” kata Anies di Bekasi, Jumat, 15 Desember 2023.

Dia menuturkan, figur Cak Imin bukan merupakan cawapres yang muncul mendadak. “Tapi, cawapres yang sudah jadi bagian dari perjuangan sejak muda. Jadi, ketika beliau muda, aktif di mahasiswa," tutur Anies.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Calon wakil presiden nomor 3 Mahfud MD saat dialog interaktif Cawapres bertajuk “Mencuri Hati Kawula Muda

Photo :
  • Instagram Mahfud MD

Anies menjelaskan debat itu bukan menjadikan ajang seperti berlawanan. Namun, forum debat itu jadi ajang untuk menyampaikan sebuah gagasan.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Dia menyebut persiapan Cak Imin dalam debat cawapres nanti hanyalah sebuah perjalanan karir.

"Ini kan sebuah kesempatan untuk menyampaikan gagasan, menyampaikan pikiran. Dan, persiapan untuk debat itu bukan persiapan belajar dua jam tiga jam," ujar Anies.

Menurut dia, Cak Imin dinilai sebagai cawapres yang kompeten karena sudah kerap melakukan debat sejak duduk di bangku kuliah. Anies bilang kalau Cak Imin terlahir dengan perjuangan dari bawah sebelum akhirnya mencalonkan sebagai cawapres.

"Jadi, kalau sekarang dipandang mumpuni, ya memang sudah teruji. Terujinya oleh siapa? Oleh waktu, oleh tantangan dengan keuletan yang dilewatinya. Jadi, saya bangga sekali dengan pasangan saya Gus Imin," tutur Anies.

"Dan saya tidak ada keraguan sedikitpun bahwa Gus Imin akan nanti dipandang oleh publik sebagaimana perjalanannya selama ini," imbuhnya.

Diketahui kalau Mahfud MD menyatakan kalau lawan terberatnya di debat cawapres nanti hanyalah Cak Imin. Begitupun sebaliknya menurut Timnas Amin.

Sebelumnya, Juru bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Amin) Angga Putra Fidrian mengatakan bahwa ada kemungkinan cawapres nomer urut satu yakni Cak Imin ada sedikit ketegangan. Pasalnya, ketegangan itu didapati lewat hasil debat capresnya yakni Anies Baswedan.

"Cak Imin mungkin tegang ya. Lihat hasil debat pertama kaya wow gitu," ujar Angga, Rabu, 13 Desember 2023.

Meski demikian, Angga pastikan Cak Imin bisa lewati debat cawapres dengan enjoy. Sebab, hal itu tertuang lewat pengalaman yang bersangkutan selama jadi aktivis hingga anggota DPR.

"Menurut saya beliau bisa sih. Karna beliau punya rekam jejak yang panjang dalam konteks aktivisme, dari mahasiswa, debat-debat di DPR di MPR. Beliau punya kapasitas itu," kata Angga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya