Siap Hadiri Undangan KPK, Gerindra Tegaskan Prabowo Komitmen Berantas Korupsi Sampai ke Akar

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di kantor DPP Demokrat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berencana mengundang tiga calon presiden (capres) 2023, yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo untuk memaparkan visi-misi mereka dalam pemberantasan korupsi.

Temuan Awal KPK: TPPU Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba Capai Rp 100 Miliar

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Prabowo siap menghadiri undangan KPK. "Saya kira itu baik (undangan KPK). Insyaallah [Prabowo hadir]," katanya kepada wartawan di Jakarta, Jumat, 15 Desember 2023.

Muzani menilai, pemberantasan korupsi sebagai suatu isu yang penting sehingga perlu adanya gagasan yang komprehensif dari setiap capres untuk melakukan pemberantasan tersebut.

Kejagung Periksa Staf Perusahaan Harvey Moeis soal Kasus Korupsi Timah

Ilustrasi Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Muzani menjelaskan bahwa Prabowo berkomitmen memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya. Hal itu kembali ditegaskan Prabowo dalam pemaparan visi-misi saat debat capres beberapa waktu lalu.

Eks Anak Buah SYL Sebut BPK Minta Uang Rp12 Miliar untuk WTP, KPK Ultimatum Begini

"Kan Pak Prabowo dari awal debat mengatakan akan memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya. Itu tema besarnya," pungkasnya.

KPK bakal mengundang tiga calon presiden (capres) 2024. Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo untuk memaparkan visi misi terkait pemberantasan korupsi. 

"Kami akan mengundang, kami akan bikin forum sendiri khusus untuk isu antikorupsi," kata Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis, 14 Desember 2023.

Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Ghufron menuturkan, KPK akan mengawal dan memastikan komitmen ketiga capres pada agenda pemberantasan korupsi. Forum yang rencananya digelar Januari 2024 ini bukan ajang debat, melainkan pemaparan visi misi para capres dalam memberantas korupsi. "Kita akan mengundang di sekitar awal ataupun pertengahan Januari," kata Ghufron. 

Calon presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto mengatakan, korupsi adalah pengkhianatan terhadap bangsa. Dia pun berkomitmen untuk memberantas korupsi sampai ke akar-akarnya.

"Kita harus perkuat KPK, kita harus perkuat juga kepolisian, kita harus perkuat juga kejaksaan, kita harus perkuat Ombudsman. Semua badan-badan yang bisa membantu untuk mitigasi korupsi harus kita perkuat. BPK, BPKP, inspektorat di tiap kementerian ini harus diperkuat. Jadi saya sependapat korupsi harus diberantas sampai ke akar-akarnya," kata Prabowo.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya