KPU Bakal Sediakan Podium untuk Debat Cawapres 2024

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI bakal menyediakan podium untuk masing-masing calon wakil presiden (cawapres) pada debat kedua yang digelar Jumat, 22 Desember 2023. Debat akan diselenggarakan di JCC, Senayan, Jakarta.

"Memang masing-masing tim pasangan calon mengusulkan supaya ada podium sederhana. Kalau kemarin kan sama sekali tidak ada podium kan, nanti akan pakai podium," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Selasa, 19 Desember 2023.

Hasyim menjelaskan, podium tersebut juga akan tetap disediakan pada sesi debat berikutnya. Hal tersebut merupakan hasil evaluasi bersama dari pelaksanaan debat perdana yang berlangsung pekan lalu.

Hakim Suhartoyo Kritik Ketua KPU soal Pemilihan Firma Hukum

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari memberi sambutan debat pertama Pilpres 2024

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

"Jadi mulai debat kedua sampai terakhir masing-masing pasangan mengusulkan supaya disiapkan podium sederhana begitu," kata Hasyim. 

Selebihnya, Hasyim menegaskan tidak ada perbedaan sekema penyelenggaraan debat cawapres yang akan dilaksanakan dengan debat capres sebelumnya.

"Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama, dan itu akan diberlakukan seterusnya sampai dengan debat terakhir, debat yang kelima," ujarnya.

Untuk diketahui, pada gelaran debat perdana capres pada 12 Desember 2023 lalu, KPU tidak menyiapkan podium untuk masing-masing capres. 

Para capres hanya berdiri berdampingan di atas panggung saat memaparkan visi-misi maupun pada sesi tanya jawab.

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah
Hakim Konstitusi Arief Hidayat (kiri) dan Suhartoyo (kanan) saat mengikuti sidang putusan.

Hakim MK Singgung Sirekap KPU di Sidang Sengketa Pileg 2024: Alat Bantu Malah Mengacaukan

Hakim konstitusi sekaligus juga Ketua Panel III Arief Hidayat, meminta Komisi Pemilihan Umum memperbaiki sistem dalam aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi atau Sirekap.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024