Wapres Ma’ruf: Jalan Tol Bukan untuk Becak, Kalau Masuk ke Tol Malah Jadi Kalang Kabut

Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin
Sumber :
  • Kementan

Jakarta - Wakil Presiden, Ma’ruf Amin menanggapi kritik calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) terkait pembangunan jalan tol yang tidak bisa dinikmati oleh tukang becak.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Menurut Ma’ruf Amin, tukang becak sudah disediakan jalan sendiri dan jalan tol bukan peruntukannya.

“Kalau urusan jalan tol memang bukan untuk tukang becak. Kalau tukang becak ada jalannya sendiri yang disediakan. Kalau tol bukan untuk tukang becak. Kalau tukang becak masuk ke jalan tol, malah jadi kalang kabut itu,” kata Ma’ruf Amin di Jakarta pada Rabu, 20 Desember 2023.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Wakil Presiden Maruf Amin memberikan keterangan pers kepada wartawan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa, 11 April 2023.

Photo :
  • ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Apalagi, kata dia, becak juga sudah tidak boleh lagi masuk di Jakarta. Sehingga, Ma’ruf Amin mengatakan, jalan tol memang bukan untuk dilintasi oleh becak. Jadi, ia menyebutkan, semua sudah disediakan tempatnya masing-masing.

Parpol Anggota KIM Tak Perlu Risau dengan Pertemuan Prabowo-Cak Imin, Kata Elite PKB

“Saya kira sudah jelas ya. Memang bukan untuk tukang becak itu. Tukang becak ada jalannya sendiri. Maka tak semua daerah dilalui oleh becak kan. Jakarta juga sudah tak boleh kan,” ujarnya..

Menurut dia, memang tidak cukup untuk melakukan penataan perkotaan itu hanya dua periode saja. Tentunya, lanjut dia, nanti daerah-daerah lain akan dilakukan penataan juga selain jalan tol.

“Nah tentu, kalau tak ada jalan tol macet. Maka nanti ada jalan sifatnya primer, sekunder, tersier. Saya kira itu. Bahwa itu masih ada yang belum itu lagi akan terus ditata. Jalan desa, kabupaten, provinsi kan ada itu. Jadi itu. Itu akan terus nanti. Ya Tentu tak cukup dua periode ya. Terus akan terus penataan transportasi akan terus berjalan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya