Relawan Prabowo-Gibran Luncurkan Platform Kecerdasan Buatan Prabowogibran.ai

Debat Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Relawan Prabowo-Gibran Digital Team (Pride) meluncurkan platform kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) prabowogibran.ai untuk memaksimalkan kampanye di media sosial guna memenangkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu Presiden 2024.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

"Tentunya dengan hadirnya AI ini, kami bisa masif [dalam berkampanye], bisa lebih tepat dalam menyampaikan pesan-pesan kepada publik," kata Koordinator Nasional Pride Anthony Leong saat jumpa pers dalam acara Konsolidasi Nasional Relawan Prabowo-Gibran Digital Team di Jakarta, Rabu, 20 Desember 2023.

Platform tersebut, kata dia, juga untuk mengurangi sentimen negatif ataupun berita bohong (hoaks) yang menyerang Prabowo-Gibran. Mereka memastikan menghadirkan sentimen positif terbaik.

Hasto Klaim PDIP Bakal Move On dari Pilpres untuk Hadapi Pilkada 2024

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Photo :
  • Dok. Istimewa

Selain itu menurut dia, platform tersebut dapat menarik suara dari para pemilih muda untuk mencoblos Prabowo-Gibran pada 14 Februari 2024.

PKS soal Pertemuan dengan Prabowo: Sudah Dialog Tinggal Diatur Jadwal

"Kami yakin dengan pemilih muda yang sangat besar lebih kurang 53 persen, kami harus jangkau semua dan tentunya itu jangkauannya itu kan pasti menggunakan social media," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan P. Roeslani mengapresiasi peluncuran platform tersebut karena dapat mengampanyekan Prabowo-Gibran secara masif kepada para pengguna sosial media.

"Bisa menggapai banyak sekali para pemilih tidak hanya gen Z atau pemilih muda, tetapi para pemakai social media lainnya," kata dia.

Dua siswa Sekolah Menengah Atas memperhatikan gambar partai politik peserta pemilu 2019 di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Bandung, beberapa waktu lalu (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Menurut dia, platform tersebut akan efektif untuk menggaet para pemilih karena pengguna media sosial di Indonesia sangat tinggi, yakni mencapai lebih dari 200 juta orang.

Ia juga berpesan kepada para relawan agar dalam berkampanye di media sosial dengan baik dan tidak menjelekkan para pasangan calon presiden dan wakil presiden lainnya.

Komisi Pemilihan Umum pada 13 November menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu eksekutif 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian penetapan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya