Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Ciptakan Lapangan Kerja dan Wujud Ekonomi Kerakyatan

Viva Yoga Mauladi
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

Jakarta – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi, mengatakan program makan siang gratis, juga pembagian susu secara gratis, yang diusung pasangan capres-cawapres nomor urut 2 di Pilpres 2024, merupakan wujud dari keberpihakan pada ekonomi kerakyatan

Jokowi Didampingi Prabowo Terima Kunjungan PM Singapura di Istana Bogor

Viva menilai, program ini akan memiliki dampak ekonomi terhadap UMKM. Selain itu, program Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka itu pasti menciptakan jutaan lapangan kerja baru. 

“Program makan siang dan susu gratis memiliki banyak dimensi, tidak hanya kesehatan dan pendidikan. Tapi juga punya sisi ekonomi, terutama dari sisi pasokan bahan baku dan penciptaan lapangan pekerjaan baru. Karena akan berdampak langsung pada masyarakat di sekitar,” jelas Viva Yoga kepada wartawan, Jumat, 22 Desember 2023. 

Gerindra: PDIP di Luar atau Dalam Pemerintahan Sama-sama Baik

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional atau PAN itu mengatakan, bahan baku makanan untuk keperluan program makan siang nantinya akan dipasok dari ketersediaan bahan pangan di masing-masing wilayah. Sehingga kebutuhan untuk makan gratis memberi peluang bagi pengusaha kecil di wilayah tersebut untuk ikut terlibat langsung dalam pemenuhan bahan-bahannya.

“Misalnya kebutuhan daging ayam dan telur, akan memberikan dampak langsung pada peternak ayam pedaging, dan peternak ayam petelor. Begitu juga kebutuhan daging dan sayur mayur. Akan diambil dari ketersediaan sayur di daerah masing-masing. Ini akan menciptakan permintaan baru, sehingga ekonomi masyarakat akan menggeliat," jelasnya. 

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Lebih lanjut, Viva Yoga menyebut program makan siang dan susu gratis sudah terbukti sukses di luar negeri dan terbukti mampu menciptakan lapangan kerja baru. Maka dari itu, dia optimis jika program ini diterapkan di Indonesia maka akan mampu menciptakan jutaan lapangan kerja baru. 

“Program ini diluar negeri sudah dilaksanakan di 85 negara. Data dari WFP (World Food Programme) menyebutkan bahwa setiap 100.000 anak yang diberi makan akan menciptakan sebanyak 1.377 lapangan kerja baru. Artinya jika kita menargetkan 82 juta anak yang akan diberi makan pada tahun 2029, setidaknya akan tersedia 1,3 juta lapangan pekerjaan baru dari program ini," kata dia. 

Lapangan pekerjaan tersebut, lanjut Viva Yoga, berasal dari kegiatan administrasi dan operasional pada penyediaan dan pelayanan makanan gratis. Dia juga menegaskan, program makan siang dan susu gratis itu dilandasi untuk memberikan manfaat langsung bagi seluruh masyarakat.

“Program makan siang gratis dari Pak Prabowo ini adalah program luar biasa. Kesannya sederhana namun manfaat dan dampaknya sangat besar,” ucapnya. 

“Selain itu, program ini sudah terbukti bisa dilaksanakan di luar negeri. Bahkan oleh negara-negara yang berpendapatan lebih rendah dengan kita. Jadi ini adalah keberpihakan dari pemimpin. Jika negara lain bisa, mengapa kita tidak?” tandas Viva Yoga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya