Di Debat Cawapres, Mahfud MD Cerita Turun Langsung Tangani Masalah Pinjol

Capres cawapres 03 Ganjar-Mahfud MD di debat cawapres 2024
Sumber :
  • Tangkapan layar KPU

Jakarta – Mahfud MD, cawapres nomor urut 3, menyampaikan bahwa masalah pinjaman online atau pinjol, juga menjadi persoalan digitalisasi saat ini. Bahkan ia turun langsung menanganinya dimana dirinya sebagai saat ini menjabat sebagai Menkopolhukam.

Ketua KPU Bilang Ikhtiar PPP Capai Ambang Batas Agar Masuk DPR Tidak Dapat Tercapai

Mahfud menjelaskan, perkembangan digital juga harus hati-hati. Karena terjadi disrupsi.

"Saya menangani kasus misalnya pinjol dimana rakyat menjadi korban dari kegiatan ekonomi digital ada kripto misalnya," jelas Mahfud MD, dalam debat, Jumat 22 Desember 2023.

Ijeck Resmi Mendaftar Bakal Calon Gubernur Sumut 2024 ke Demokrat

Jelas Mahfud, masalah pinjol juga menjadi problematik karena masuk dalam hukum perdata. Rakyat dibuat tidak tahu kalau pinjamannya bertambah.

"Dan ini banyak yang menjadi korban dan banyak yang bunuh diri," katanya.

Program Pemberdayaan Ekonomi Umat 2024, Kemenag Targetkan Bikin 100 Titik Baru

Dicontohkan oleh Mahfud, ada seorang yang meminjam Rp 500 ribu tetapi dia harus membayar Rp 240 juta. Karena memang jumlahnya ters bertambah.

Sedangkan untuk penanganannya, lanjut Mahfud, tidak bisa dilakukan. Seperti Otoritas Jasa Keuangan atau OJK yang menyampaikan bukan kewenangan mereka karena itu ilegal.

Untuk menangani masalah ini, Mahfud mengatakan dirinya sudah mengumpulkan berbagai pihak terkait. Dengan begitu, masyarakat yang menjadi korban dari pinjol ini bisa terbantukan.

Sebagai informasi, debat kedua akan dihelat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan. Adapun temanya adalah Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya