Debat Cawapres 2024

Cek Fakta: Cak Imin Sebut 100 Orang Kaya RI Punya Harta Lebih Tinggi Dibanding 100 Juta WNI

Anies Baswedan- Muhaimin Iskandar Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan terdapat 100 orang di Republik Indonesia (RI) yang memiliki harta kekayaan lebih tinggi jika dibandingkan jutaan penduduk Indonesia lainnya.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

"Disrupsi adalah awal dari perubahan. Bayangkan 100 orang Indonesia kekayaannya di atas 100 juta jumlah penduduk Indonesia," kata Cak Imin dalam debat perdana Cawapres Pemilu 2023 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat Jumat, 22 Desember 2023.

Anies-Cak Imin.

Photo :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/VIVA.
PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Menurutnya, ketimpangan itu harus dibenahi. Ia ingin agar ketimpangan di dalam negeri bisa ditekan dan membuat ekonomi jadi merata.

"Artinya ini keadaan yang tidak adil ini harus kita slepet,” kata dia.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Salah satu cara yang ditawarkan Cak Imin adalah dengan pengendalian pajak. Sebab, kata dia, orang-orang yang memiliki harta berlebih akan dipajaki seiring dengan penurunan pajak masyarakat kelas menengah.

Mengutip laporan Oxfam, kekayaan empat miliarder terkaya di nusantara, tinggi dibanding total kekayaan 40 persen penduduk miskin atau sekitar 100 juta orang.  Hal ini membuat Indonesia masuk dalam enam besar negara dengan tingkat kesenjangan ekonomi tertinggi di dunia.

Dalam laporan itu digambarkan, jika jumlah uang yang diperoleh setiap tahun dari kekayaan segelintir orang itu, maka akan cukup untuk mengangkat lebih dari 20 juta orang Indonesia keluar dari jurang kemiskinan.

Kawasan pemukiman warga miskin kota (Foto Ilustrasi).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Oxfam juga melaporkan, walau menyandang predikat negara dengan pertumbuhan urbanisasi tertinggi di Asia, ketimpangan penduduk di perkotaan di Indonesia meningkat, demikian pula ketimpangan antara daerah pedesaan dan perkotaan.

Mereka mewanti-wanti kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin merupakan ancaman serius bagi kesejahteraan masa depan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya