Debat Cawapres, Trust Indonesia Singgung Jawaban 3 Kandidat soal Permasalahan Ekonomi

Para Cawapres saat debat KPU
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Direktur Eksekutif Trust Indonesia Research and Consulting, Azhari Ardinal menyinggung bahwa ketiga sosok calon wakil presiden (cawapres) masih kurang mumpuni dalam permasalahan ekonomi. Pernyataan tersebut disampaikan Azhari dalam program Nonton Bareng Debat Cawapres bersama Trust Indonesia pada Jumat malam, 22 Desember 2023.

Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

“Ketiga orang ini menurut saya adalah sosok yang memang hanya hadir dalam regulasi pemerintahan tetapi mungkin tidak memahami sistem regulasi terkait ekonomi,” ujarnya.

Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres KPU

Photo :
  • Istimewa
Genjot Pertumbuhan Ekonomi, Sri Mulyani Pastikan Kesejahteraan Rakyat Terjaga

Azhari juga menganggap para cawapres hanya membahas dampak umum ekonomi secara politik, sosial maupun hukum. Namun, tidak memberikan solusi konkret untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang tengah dihadapi rakyat.  

“Yang dibahas itu hanya impact secara politik, impact secara sosial, impact secara hukum. Sementara bagaimana menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi itu sama sekali tidak diangkat,” jelasnya.

Forum Bank Sentral Asia Timur, BI Pamer Ekonomi RI Kuat di Tengah Ketidakpastian

Terlebih, menurut Azhari, pada debat cawapres kali ini, masing-masing kandidat berusaha menonjolkan visi misi saja dan memperkuat gimmick politik.

“Kalo menurut saya, bahwa debat ini hanya dimunculkan untuk menampilkan apa yang menjadi visi misi, tetapi tidak mungkin menyelesaikan akar dari permasalahan ekonomi yang ada di Indonesia. Hanya menguatkan gimmick politik, tetapi tidak menyelesaikan apa yang sedang dihadapi bangsa ini,” lanjutnya.

Para Capres Cawapres di debat KPU

Photo :
  • Istimewa

Sebagai informasi, debat cawapres tadi malam merupakan ajang yang pas bagi para kandidat untuk unjuk visi misi dan saling melemparkan pertanyaan.

Banyak dari pengamat, yang justru menyebut bahwa cawapres nomor urit 2, Gibran Rakabuming Raka berhasil memukau publik dalam debat semalam, dan menampilkan visi misi yang cukup runut dan logis.

Bahkan, berdasarkan survei Continuum Indef, menyebut bahwa 77,69 persen, Gibran mendapat sentimen positif.

Selain itu, sentimen positif lainnya diikuti oleh cawapres nomor urut 3, Mahfud MD sebanyak 64,03 persen, terakhir Cak Imin 4,27 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya