Kaesang Tak Kaget dengan Penampilan Gibran di Debat Cawapres

Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Gorontalo - Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep mengomentari visi-misi yang dipaparkan oleh calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Ia menyebut visi-misi yang dipaparkan oleh Gibran sudah realistis.

Prabowo: Tidak Boleh Ada Anak Menangis karena Kelaparan

"Iya. Saya kira cukup realistis semua," kata Kaesang Pangarep saat ditemui di Gorontalo, Sabtu, 23 Desember 2023.

Momen Gibran dan Kaesang Sungkem ke Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Prabowo: Beri Saya Waktu 4 Tahun untuk Sejahterakan Rakyat Indonesia

Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menilai performa dari sang kakak, Gibran di debat perdana cawapres 2024 sudah baik. Kaesang mengaku telah lama bekerja dengan Gibran, dan tak kaget dengan dengan penampilan cawapres dari Prabowo Subianto itu.

"Saya kira semua yang disampaikan Mas Gibran semuanya cukup baik," kata Kaesang.

Apindo Usul di Kabinet Prabowo-Gibran Ada Kementerian Perumahan dan Perkotaan

"Orang kan kemarin banyak yang underestimate (Gibran). Seperti Pak Walkot bilang, tapi kan saya sudah kerja lama bareng dengan beliau jadi saya ga kaget juga sebenernya dengan kemampuannya beliau itu," sambungnya.

Sebagai informasi, Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka tampil moncer selama debat kedua cawapres di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023. Penampilan Gibran diluar ekspektasi, seolah menjawab keraguan publik atas kemampuannya berdebat selama ini. 

Gibran mampu menjabarkan program-program unggulannya selama sesi debat dengan sistematis dan tepat waktu. Gibran juga mampu menyampaikan istilah-istilah teknis dalam ekonomi. Bahkan, Gibran tak segan melontarkan pertanyaan-pertanyaan sulit dan membuat lawan debatnya tak berkutik.  

Seperti saat bertanya kepada cawapres 03 Mahfud MD yang menanyakan bagaimana regulasi hukum untuk Carbon Capture and Storage (CCS). Gibran sukses membuat Mahfud MD yang seorang profesor hukum itu tak sanggup menjawab lugas. 

Pun, ketika Gibran bertanya kepada cawapres 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin seputar SGIE atau State of the Global Islamic Economy. Pertanyaan Gibran itu juga membuat Cak Imin tak berkutik. Ketua Umum PKB itu bahkan mengaku tidak tahu soal istilah itu.

Gibran sejak menginjakkan kaki di JCC didampingi capres Prabowo Subianto memang tampil semringah dan sangat percaya diri tampil di debat kedua Pilpres 2024 ini. Putra sulung Jokowi itu mengungkap persiapannya untuk menghadapi debat ini, selain meminta doa agar dilancarkan.

"Mohon doanya saja, tiga hari ini kami sudah rajin melakukan simulasi," kata Gibran di JCC, Jumat malam.

Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat debat KPU

Photo :
  • Istimewa

Capres Prabowo yang mendampingi Gibran menambahkan turut memberikan masukan dan data yang dibutuhkan untuk Gibran agar menguasai permasalahan dalam debat yang mengulas persoalan ekonomi ini. 

"Kita juga beri masukan, beri data tapikan beliau ini kan Wali Kota juga jadi mengerti masalah yang paling akarnya," tambah Prabowo.

Prabowo sendiri mengaku sangat puas dengan penampilan cawapresnya, Gibran Rakabuming Raka saat tampil di debat kedua cawapres. Mantan Danjen Kopassus itu memuji penampilan Gibran. 

"Tapi terus terang saja, saya sangat bangga dengan calon wakil presiden saya," kata Prabowo. 

"Saya sangat bangga, saya katakan kalau saya seorang guru yang memberi nilai ujian saya beri nilai 9,9, kira-kira begitu," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya