KPU Bersiap Debat Pilpres Ketiga: Podium dan Paslon Bawa Catatan Dievaluasi

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari memberi sambutan debat pertama Pilpres 2024
Sumber :
  • Tangkapan layar KPU

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia mulai menyiapkan lokasi dan format debat capres-cawapres yang akan digelar pada Januari 2024 mendatang. Adapun debat ketiga akan digelar pada 7 Januari 2024 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

KPU RI Optimistis Menang dalam Gugatan Sengketa Pileg 2024 di MK

"Untuk debat yang ketiga nanti kan debat calon presiden dan sudah ditentukan grup televisi yang akan menjadi TV penyelenggara," ujar Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Jakarta Convention Center, dikutip Sabtu, 23 Desember 2023.

"Nanti akan pembicaraan lanjutan dari masing-masing televisi penyelenggara tentang tempatnya di mana dan seterusnya. Nanti akan kita bicarakan setelah dilakukan evaluasi debat kedua, debat cawapres," sambungnya

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu, Hasyim menyebut format debat capres-cawapres ketiga akan sama seperti debat pertama, yaitu enam segmen. Alasan Hasyim menggunakan format yang sama adalah durasi waktu debat merupakan kesepakatan sejak awal.

PKB Siapkan Calon Potensial di Pilgub DKI 2024, Hasbiallah Ilyas Ungkap Kriterianya

"Kalau soal format, ada enam segmen sebagaimana yang sudah kita saksikan di debat pertama maupun di debat kedua. Nampaknya akan kita pertahankan karena sejak awal memang sudah disepakati demikian, termasuk durasi waktunya," kata dia.

Ia menambahkan, pihaknya bakal mengevaluasi terkait podium debat hingga diperbolehkannya membawa catatan bagi pasangan calon. Kemungkinan, lanjut Hasyim,  di debat berikutnya, kemungkinan pihaknya akan kembali menyediakan podium.

"Ini kita lihat lagi ya, maksud saya nanti apa evaluasinya. Tapi yang sudah disepakati bahwa setiap kali debat, sejak debat yang kedua dan terakhir nanti tetap disiapkan panggung, disiapkan podium, dan kemudian diperbolehkan bawa alat tulis," pungkasnya.

Hasyim mengaku tak mempermasalahkan capres membawa catatan di arena debat. Pasalnya, kata dia, tema debat pun telah ditentukan, yang sesuai dengan visi misi pasangan calon.

"Semua juga sudah punya visi misi program berkaitan dengan tema ini. Sehingga ketika beliau-beliau memulai dengan apa yang jadi visi misinya, dan kemudian mengakhiri closing statement atau pernyataan akhirnya, dikembalikan kepada visi misinya, saya kira itu wajar ya. Karena kan beliau-beliau kan berangkat dari visi misi program yang sudah ditulis sejak awal," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya