Survei Indef: Gibran Raih 77,69 Persen Sentimen Positif Selama Debat Cawapres

Para Cawapres saat debat KPU
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mendapat pujian positif dari masyarakat selama debat cawapres berlangsung Jumat malam, 22 Desember 2023. Hal ini berdasarkan survei Continuum Indef, yang menyebut bahwa 77,69 persen, Gibran mendapat sentimen positif.

Dukungan Golkar kepada Ijeck untuk Pilkada Sumut tinggi tapi Keputusan Ada di Pusat, Kata Pakar

Selain itu, sentimen positif lainnya diikuti oleh cawapres nomor urut 3, Mahfud MD sebanyak 64,03 persen, terakhir Cak Imin 4,27 persen.

"Rendahnya sentimen positif dari Cak Imin disebabkan karena netizen menilai performanya dalam debat kurang, dan bisa jadi menurunkan elektabilitasnya dengan Anies (Baswedan)," tulis Indef dalam keterangan tertulisnya, pada Sabtu, 23 Desember 2023.

TKN Bantah Rumor Prabowo Akan Tinggalkan Relawan Pendukungnya

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara itu, berdasarkan hasil data Continuum Indef, Gibran sangat dominan dan menguasai panggung.

Indef Ungkap Tantangan Ekonomi yang Bakal Hantui Kabinet Prabowo-Gibran

"Netizen juga memperbincangkan Gibran yang awalnya akan kesusahan, tapi ternyata penampilannya sangat bagus dan menguasai materi," katanya.

Sebagai informasi, data tersebut diambil melalui Platform X, pada pukul 19.00-21.50 WIB. Indef menyebut bahwa ada 23,424 pembicaraan mengenai debat cawapres, dan 17,125 akun X yang memberikan respons terhadap debat tersebut.

Cawapres Gibran Rakabuming Raka saat debat KPU

Photo :
  • Istimewa

Dalam debat yang dilaksanakan pada Jumat malam, Gibran dan cawapres lainnya saling unjuk visi misi dan melemparkan pertanyaan pada masing-masing cawapres. Selain itu, banyak dari pengamat menyebut bahwa Gibran berhasil memukau publik dalam debat semalam, dan menampilkan visi misi yang cukup runut dan logis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya