TKN Desak KPU Ambil Langkah Hukum untuk Roy Suryo Soal Polemik Mikrofon

Roy Suryo
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mendesak Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mengambil langkah hukum terhadap eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo

Prabowo Temani Jokowi Bertemu PM Singapura, Pengamat: Simbol Pelibatan Pemimpin Masa Depan

Roy Suryo sebelumnya menyoroti tiga mikrofon yang digunakan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka saat debat. Dia bahkan meminta KPU untuk adil. Tudingan itu pun dijawab KPU dengan menyebut Roy sebagai tukang fitnah. 

"Semestinya tindakan seperti ini perlu diproses hukum. Sebab, Roy Suryo dikenal suka mencari sensasi, sudah sering bikin gaduh, merasa ahli tapi bikin opini tanpa bukti," ucap Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan, Senin, 25 Desember 2023. 

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Unggahan Roy Suryo yang mencurigai Gibran menggunakan 3 alat saat debat

Photo :
  • Ist

Menurut Saleh, tudingan Roy Suryo itu setidaknya memiliki dua tujuan yakni mendelegitimasi KPU dan menurunkan simpati publik terhadap Gibran. 

Tak Sudi Dicoret KPU, Irman Gusman Ajukan Sengketa ke MK Minta Pileg DPD di Sumbar Diulang

Maka dari itu, Saleh menilai respons KPU dengan menilai Roy Suryo sebagai tukang fitnah merupakan sesuatu yang benar. 

"KPU sudah benar segera memberikan tanggapan. Bahkan menyebut Roy Suryo suka fitnah," pungkasnya. 

Roy Suryo tersangka kasus meme stupa candi Borobudur mirip Jokowi

Photo :
  • Ist

Kata KPU

Sebelumnya diberitakan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengklarifikasi unggahan Roy Suryo di akun media sosialnya yang mempertanyakan kenapa calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menggunakan 3 mik sekaligus, mulai dari clip-on, hand-held, hingga headset.

Menurut Hasyim, para cawapres yang mengikuti debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat, 22 Desember 2023 malam, menggunakan alat mikrofon yang sama.

Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari memberi sambutan debat pertama Pilpres 2024

Photo :
  • Tangkapan layar KPU

"Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres pakai 3 mik untuk mengantisipasi ada mik yang mati," kata Hasyim dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu malam.

Hasyim juga menegaskan Gibran tak menggunakan ear feeder atau pengumpan telinga. Ia menjelaskan bahwa alat yang berada di telinga para cawapres merupakan cantolan mik. "Bukan ear feeder itu mik yang ditempel di pipi dan dicantolkan di kuping," ungkapnya.

"Semua cawapres bisa ditanya dan juga stasiun TV penyelenggara debat, dan juga tim paslon yang berada di holding-room saat pemasangan mik, bisa ditanya," sambungnya

Hasyim memastikan debat cawapres berlangsung dengan adil dan spontan. Ia menyayangkan analisis Roy Suryo yang keliru. "Saya sebagai penyelenggara juga tahu dan siap tanggung jawab," ucap Hasyim.

"Debat spontan, tidak mungkin didikte, mendengarkan bisikan atau baca contekan. Roy Suryo memang tukang fitnah," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya