Survei Indikator Politik: Prabowo-Gibran Pasti Masuk Putaran Kedua

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres KPU
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Survei Indikator Politik Indonesia yang teranyar menunjukan elektabilitas Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming mengungguli dua paslon lain di Pilpres 2024. Elektabilitas pasangan capres dan cawapres nomor urut 2 itu tercatat sebesar 46,7 persen.

Kabar Terbaru soal Susunan Nama Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

"Elektabilitas capres-cawapres Prabowo-Gibran 46,7 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam keterangannya dikutip Rabu, 27 Desember 2023.

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka Debat Kedua Cawapres Pemilu 2024 o

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Sandiaga soal Peluang Gabung Prabowo-Gibran: Sesuai Namanya Partai Persatuan

Peringkat kedua yakni paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan elektabilitas 24,5 persen. Sedangkan paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) menempati posisi terakhit dengan elektabilitas 21,0 persen.

Burhanuddin menjelaskan, survei menunjukan Prabowo-Gibran dipastikan melaju ke putaran kedua, jika Pilpres 2024 tak hanya satu putaran. Kendati begitu, kata dia, belum bisa diprediksi siapa yang akan menjadi rival Prabowo.

Golkar Harus Cari Habibie Baru bila Ingin Menang Absolut pada Pemilu 2029, Menurut Pengamat

"Peluang keduanya masih terbuka seandainya Prabowo-Gibran gagal meraih 50 persen plus satu," kata Burhanuddin.

Prabowo-Gibran.

Photo :
  • Tangkapan layar.

Burhanuddin menjelaskan, survei pihaknya melibatkan 1.217 responden. Target populasi survei adalah warga negara Indonesia berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah yang memiliki telepon.

Survei dilakukan selama dua hari, yakni 23-24 Desember 2023 dengan menggunakan kombinasi dari metode random digit dialing dan double sampling. Sedangkan margin of error survei ini sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya