Bawaslu Terima Laporan Ada Truk Distribusi Logistik Pemilu Tak Dikawal

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja
Sumber :
  • VIVA/Rosikin

Jakarta  Bawaslu RI mengingatkan KPU RI mengawasi benar distribusi logistik pemilu 2024 ke berbagai daerah di luar Provinsi DKI Jakarta.

Pengemudi Truk Bantuan Kemanusiaan untuk Gaza Kesal karena Israel Tutup Perbatasan

Sebab, baru-baru ini, Bawaslu menerima laporan adanya pengiriman logistik KPU tanpa pengawalan dan tanpa pemandu sama sekali.

"Baru saja ada laporan pengiriman logistik KPU tidak ada pengawalan sama sekali. Hanya satu orang sopir dan truk itu ditinggalkan untuk mencari alamat gudang KPU. Ini baru satu laporan lho," kata Ketua Bawaslu Rahmat Bagja di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Desember 2023.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja saat jumpa pers di kantornya, Selasa, 19/12

Photo :
  • Bawaslu

Bagja mengungkapkan lokasi tujuan logistik tersebut bahkan tidak jauh dari wilayah DKI Jakarta, sehingga pihaknya minta KPU untuk memastikan hal serupa tidak terulang.

Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

Bagja juga mengingatkan KPU untuk selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan setempat agar distribusi seluruh logistik pemilu dapat berjalan aman dan lancar hingga ke pos TPS yang terpelosok sekalipun.

Petugas KPU Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, membawa logistik pemilu untuk pemungutan suara ulang di pulau terluar kabupaten itu melalui Bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Kamis, 25 April 2019.

Photo :
  • VIVA/Yasir

"Jadi, walaupun logistiknya bukan surat suara, itu menandakan akan terjadi permasalahan jika teman-teman KPU tidak terbuka dan tidak menghubungi aparat keamanan setempat," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya