Timnas AMIN Akui Cak Imin Salah Sebut soal Bangun 40 Kota Setara Jakarta

Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat debat perdana cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhamin Iskandar (Timnas AMIN) Sulfikar Amir, mengklarifikasi soal pernyataan Muaimin alias Cak Imin akan membangun 40 kota baru setara Jakarta.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

"Jadi mungkin Cak Imin salah sebut mengatakan 40 kota baru, semestinya yaitu pembangunan dan meningkatkan 40 kota yang sudah ada di seluruh Indonesia," kata Sulfikar Amir di Jakarta, Jumat, 29 Desember 2023. 

Juru bicara Anies Baswedan, Sulfikar Amir

Photo :
  • Istimewa
Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Menurut Sulfikar, permasalahan perkotaan di Indonesia sangat kompleks, dan Cak Imin belum sempat menjelaskan apa yang dimaksud, sehingga program itu seakan-akan membangun kota baru. Padahal, program yang dimaksud adalah meningkatkan 40 kota yang ada di Indonesia.

Sulfikar menambahkan, pada debat cawapres kemarin, Cak Imin salah menyebutkan konsep 40 kota baru setara Jakarta, sebab waktu yang diberikan pada saat debat sangat terbatas dan menjadikan nomor urut 1 itu tidak sempat menjelaskan apa yang dimaksudkannya.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

"Dan ini adalah program yang akan kami lakukan lima sampai 10 tahun ke depan," kata Sulfikar.

Dia menambahkan bahwa program peningkatan 40 kota tersebut nantinya akan dibarengi dengan 14 kota prioritas untuk sentra pertumbuhan perekonomian khususnya di luar Pulau Jawa.

Muhaimin Iskandar Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut Sukfikar, dana yang digunakan untuk meningkatkan kota-kota tersebut diambil dari anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan Ibu Kota Negara (IKN).

"Kami akan mengalokasikan anggaran dipakai untuk IKN akan dipindahkan atau realokasikan untuk mengupgrade 14 kota di luar pulau Jawa. Program ini akan menjadi upaya untuk pemerataan pertumbuhan lebih efektif karena ada 14 titik baru yang kita angkat, dibandingkan dengan satu titik di tengah hutan dan kami belum tau bagaimana cara menghidupkannya," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya