Kepada Gibran, Orang Muda Labuan Bajo Sampaikan Unek-unek Soal Pemeratan Pembangunan

Gibran Rakabuming Raka diterima secara adat di Labuan Bajo.
Sumber :
  • Jo Kenaru/NTT.

Manggarai Barat – Selama berada di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyempatkan diri beraudiensi dengan tokoh-tokoh muda pegiat UMKM, usaha pariwisata dan kuliner. Hadir pula konten kreator, start up lokal, petani muda.

Sejuta Pohon Hijaukan Labuan Bajo: Komitmen Pemerintah Wujudkan Green Tourism

Mereka berbicara dalam rembuk atau diskusi bertajuk “Gibran Mendengar” yang dilangsungkan di Escape Cofee Shop, Sabtu 30 Desember 2023. Orang muda Labuan Bajo ini menyampaikan unek-unek mengenai pemerataan pembangunan.

Para peserta diskusi juga menyampaikan harapan agar pariwisata dan UMKM menjadi lebih baik mengingat Labuan Bajo kian 'booming' setelah ditetapkan sebagai salah satu destinasi super prioritas.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Gibran Rakabuming Raka meninjau produk UMKM di Labuan Bajo.

Photo :
  • Jo Kenaru/NTT.

Dalam pertemuan tersebut, Gibran juga dicurhati mahalnya harga tiket pesawat dari dan tujuan NTT termasuk Labuan Bajo sebagai gerbang turisme NTT. Meskipun penerbangan makin banyak namun harga tiket malah makin mahal.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

“Yang tak kalah mencekik adalah harga tiket yang mahal dari dan ke Labuan Bajo ini,” singgung seorang peserta diskusi.

Respons Gibran

Merespons berbagai aspirasi yang disuarakan tokoh muda, cawapres yang juga adalah putra sulung Presiden Joko Widodo itu mengulas Asta Cita atau 8 visi misi kebangsaan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang juga memberi perhatian lebih pada penguatan ekonomi kreatif.

Gibran amat menginginkan kaum muda NTT termasuk pegiat UMKM, dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo menjadi garda terdepan memajukan ekonomi daerah.

“Ada beberapa masalah yang coba kami tampung, kami akan cari solusinya, seperti terkait ekonomi kreatif, pertanian, promosi wisata, hingga soal tiket pesawat yang mahal," ungkap Gibran.

Gibran mendengar aspirasi tokoh muda di Labuan Bajo.

Photo :
  • Jo Kenaru/NTT.

Salah satu strong point tak luput dari pengamatan Gibran adalah kebutuhan hotel dan restoran di Labuan Bajo lebih banyak dipasok masih dari luar daerah. Gibran pun mendorong konsep dan strategi terkait kemandirian pangan.

"Kita mendorong semua restoran di Labuan Bajo ini agar wajib menggunakan pangan lokal. Ini penting untuk mendukung petani kita menikmati kemajuan pariwisata,” tutur Gibran.

Gibran Rakabuming Raka juga sempat melihat produk kopi yang telah dihasilkan yang dipajang di stan UMKM. Di sana ia berinteraksi dengan para penggerak komunitas kreatif agar lebih berkembang di masa mendatang.

Selama berada di Labuan Bajo, Gibran Bersama istri Selvi Ananda melakukan serangkaian kegiatan yakni menghadiri acara konser mini di Hotel Meruorah, blusukan di pasar Wae Kesambi, kunjungan ke kampung Kaper, menghadiri rapat terbatas di atas kapal pinisi dan beruadiensi dengan pelaku UMKM.

Laporan: Jo Kenaru/NTT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya