Timnas Amin Tak Persoalkan Hak Siar Debat Ketiga Capres Asalkan Tetap Independen

Debat Capres-Cawapres Pertama
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) mengaku tidak keberatan stasiun televisi swasta dari MNC Group memegang hak siar pada debat ketiga capres Pemilu 2024 selama tetap memegang independensi.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Sampai saat ini, kami tidak keberatan dan bahkan tidak sampai menempuh jalur protes ke Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) atau KPU (Komisi Pemilihan Umum)," kata Juru Bicara Timnas Amin, Billy David Nerotumilena, di Jakarta, Rabu, 3 Januari 2024.

Meskipun saat ini MNC Group, yang dimiliki oleh Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo, terafiliasi dengan pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Billy masih percaya stasiun televisi swasta itu akan terus menjaga kredibilitas.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Ilustrasi warga mengikuti pemungutan suara ulang pemilihan umum (pemilu) 2019.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Hak siar TV swasta, menurut dia, akan terus berputar hingga akhir debat capres-cawapres Pemilu 2024, sehingga dia tidak ingin mempermasalahkan hal itu.

Tak Bakal Usung Anies, Ini Sederet Kader yang Dijagokan PKS di Pigub Jakarta

​​​​​​​
"Untuk stasiun TV, kami percaya kredibilitasnya MNC. Tapi, dari pihak Amin, dari pernyataan Pak Anies pun tidak dipermasalahkan, karena nanti mendapatkan giliran," katanya.

Billy menambahkan ketika stasiun TV memihak pada salah satu kandidat, maka yang akan dirugikan bukan hanya pasangan calon, tetapi juga kredibilitas MNC Group yang pasti tidak lagi dipercaya masyarakat.
​​​​​​​
"Kalau pun nanti dirasa ada hal yang berpihak atau memberatkan salah satu pasangan calon kan masyarakat juga menilai terhadap kredibilitas untuk masa depannya," ujarnya.

Debat perdana capres antara Prabowo Subianto dengan Anies Baswedan.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

​​​​​​​
Debat ketiga capres Pemilu 2024 akan berlangsung pada 7 Januari 2024 dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Debat ditayangkan pada empat stasiun TV milik MNC Group, yakni RCTI, Global TV, dan iNews TV.

KPU menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
​​​​​​​
Masa kampanye ditetapkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya