Prabowo: Indonesia Tak Pernah Gagal Bayar Utang

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menjawab pertanyaan panelis debat mengenai utang luar negeri RI yang berpotensi mengintervensi kedaulatan RI. Menurut Prabowo, utang RI masih dalam tahap yang wajar.

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

"Mengenai hutang luar negeri ternyata Indonesia sekarang hutang luar negeri kita sebagai rasio perbandingan terhadap produk domestik bruto kita salah satu terendah di dunia, Jadi masih kita sekitar berada di sekitar 40% (dari PDB) sedangkan banyak negara jauh di atas kita," kata Prabowo Minggu malam, 7 Januari 2024

"Kedua, kembali lagi dengan manajemen yang prudent pengelolaan yang baik dan dengan strategi ekonomi yang tepat, terutama dengan hilirisasi dimana kita akan bisa mendapat keuntungan sebagai bangsa, ini membentuk posisi tawar kita," sambung Prabowo

Ini Harapan Industri Hulu Migas RI ke Prabowo Sebagai Presiden RI Selanjutnya

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sehingga, dengan dasar tersebut, Prabowo mengaku tidak terlalu khawatir negara lain mau intervensi Indonesia soal utang. "kita sangat-sangat dihormati kita tidak pernah default, saya keliling seluruh dunia mereka sangat hormat dengan Indonesia, kita tidak pernah gagal hutang, dan saya sangat optimis," kata Prabowo

Sidang Sengketa Pileg 2024, Hakim MK Tegur KPU Gegara Ajukan Renvoi Tak Tertib

Tapi, lanjutnya, kembali Indonesia harus punya kekuatan pertahanan yang kuat. "Supaya tidak bisa diintervensi, tidak bisa digertak, tidak bisa diintimidasi, hanya dengan kekuatan kita akan dihormati dan kita akan amankan kekayaan amankan ekonomi kita amankan pembangunan kita menuju Indonesia Makmur Indonesia kaya," kata Prabowo

"Hanya dengan kekuatan kita akan dihormati dan kita akan amankan kekayaan kita amankan ekonomi kita amankan pembangunan kita menuju Indonesia Makmur Indonesia Raya," sambungnya

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Sedangkan debat ketiga digelar malam hari ini, Minggu 7 Januari 2023. 

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Capres dan Cawapres saat Debat Capres Pertama di KPU

Photo :
  • vstory

Adapun tema debat pertama lalu membahas tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Tema debat kedua, membahas ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga malam ini, membahas tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya