Debat Capres 20224

Cek Fakta: Prabowo Bentuk 4 Fakultas Berkaitan dengan Teknologi

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Presiden (Capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto mengaku telah membentuk 4 fakultas yang berkaitan dengan teknologi. Hal tersebut disampaikan Prabowo untuk menjawab Anies Baswedan yang mempertanyakan peran negara dalam upaya supaya unggul dalam teknologi.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

“Saya begitu jadi menteri saya membentuk 4 fakultas baru di bidang science technology, engineering dan matematik,” ujar Prabowo dalam debat ketiga Capres Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024.

“Kita menyiapkan putra putri terbaik untuk menguasai teknologi, untuk menguasai science, untuk menguasai artificial intelligence, untuk menguasai cyber, kita harus pegang sistemnya, itu adalah inti dari masalah,” sambungnya.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Prabowo-Gibran Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Cek Fakta

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Dari sejumlah data yang dihimpun, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sempat meresmikan 4 fakultas baru di Universitas Pertahanan (Unhan) Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 29 Agustus 2020 silam.

Dalam sambutannya saat itu, Prabowo mengatakan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi kunci bagi kesejahteraan bangsa di masa depan.

"Perkembangan peradaban manusia pada abad 21, menggambarkan pada kita bahwa tak mungkin pembangunan suatu bangsa dilakukan tanpa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Prabowo dikutip dari Tempo.

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

4 fakultas baru tersebut dibuat berbarengan dengan 10 program studi atau prodi. 4 fakultas itu adalah Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas MIPA dan Fakultas Teknik.

Ada pun 10 program studi itu yakni, Pendidikan Kedokteran, Ilmu Farmasi, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Mesin, dan Teknik konstruksi Bangunan Militer. Selain itu, program studi doktor untuk S3 juga dibuka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya