Prabowo: Menjadi Negara Industri Akan Membuat Kita Memimpin Dunia Selatan

Prabowo Subianto Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memperingatkan bahwa dalam hubungan internasional Indonesia harus mempertahankan kepentingan ekonomi nasional. Menjaga dan mengelola kekayaan alam nasional merupakan keharusan kalau Indonesia ingin menjadi negara maju.

Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Akan Dukung Prabowo Gibran

"Kita harus [lanjutkan kebijakan] hilirisasi supaya nilai tambah berpuluh-puluh kali naik; kita kumpulkan kekuatan, aset-aset, dan keuangan kita; kita sejahterakan rakyat kita, baru kita disegani, didengar, oleh semua negara, terutama negara-negara Selatan," katanya dalam forum debat calon presiden di Jakarta, Minggu malam, 7 Desember 2024.

Indonesia, katanya, sekarang bahkan sudah menjadi panutan negara-negara lain sedikitnya negara-negara di Afrika. Sebagian di antara mereka bahkan mengirim utusannya ke Indonesia untuk belajar tentang keberhasilan Indonesia dalam membangun dan mengelola perekonomian.

Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Anies Baswedan Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Negara-negara itu, kata Prabowo, belajar kepada Indonesia tentang mempertahankan inflasi dalam posisi rendah tetapi pertumbuhan ekonomi tetap terjadi dan neraca perdagangan tetap baik. Negara-negara itu mengamati surplus perdagangan Indonesia yang terjadi tiap tahun berturut-turut dalam lima tahun terakhir.

Prabowo Terima Kunjungan Menhan Malaysia Bahas Kerja Sama Bidang Pertahanan

Ganjar Pranowo-Mahfud MD Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Jadi, leadership kita di dunia, di hubungan internasional, akan tercermin dan ter-impact oleh keberhasilan kita mengelola kekayaan kita, menghilangkan kemiskinan di negara kita; rakyat kita meraih teknologi, menjadi negara industri--itu yang akan membuat kita memimpin dunia Selatan," katanya.

Debat ketiga Pilpres 2024 berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024, dengan topik pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya