Debat Soal Pertahanan, Prabowo: Pak Anies Terlalu Teoritis

Debat Capres-Cawapres Pertama Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menyebut Anies Baswedan sebagai sosok yang hanya bisa berteori atau teoritis. Hal tersebut dikatakan Prabowo untuk merespons Anies Baswedan yang menyinggung mengenai adanya serangan siber ke Kementerian Pertahanan yang dipimpin Prabowo beberapa waktu lalu. 

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

"Sekali lagi saya berpandangan pak Anies juga terlalu teoritis semuanya bagus indah tetapi yang nyata tentang masalah AI, siber teknologi tinggi adalah sumber daya manusianya, awaknya," kata Prabowo

Prabowo-Gibran Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

"Saya begitu menjadi menteri saya membentuk 4 Fakultas baru di bidang science technologi engineering dan mathematics kita menyiapkan putra-putri kita terbaik, untuk menguasai teknologi, untuk menguasai science untuk menguasai artificial intelligence untuk menguasai siber," sambungnya

Menurut Prabowo, Indonesia juga harus menyiapkan SDM yang terbaik untuk menghadapi era teknologi di masa depan.

Elite Gerindra Jelaskan Maksud Pesan Prabowo Jangan Ganggu Jika Tak Mau Kerja Sama

"Bukan barang yang kita beli, kita harus kuasai, now how nya kita harus kuasai sistem yang harus kita pegang, menurut saya itu inti daripada masalah tidak hanya bicara-bicara yang baik saja," ujar Prabowo.

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Sedangkan debat ketiga digelar malam hari ini, Minggu 7 Januari 2023. 

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Capres dan Cawapres saat Debat Capres Pertama di KPU

Photo :
  • vstory

Adapun tema debat pertama lalu membahas tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Tema debat kedua, membahas ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga malam ini, membahas tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya