Debat Capres 2024

Cek Fakta: Anies Sebut Tanah Prabowo 340 Ribu Hektar, Sementara Banyak Prajurit Tidak Punya Rumah

Anies-Muhaimin Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar debat ketiga Pilpres 2024 pada Minggu, 7 Januari 2024 malam ini di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Tema debat ketiga ini antara lain, Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.

Kata Anies Ditanya Bakal Maju Pilgub Jakarta atau Gabung Pemerintahan Prabowo

Pernyataan Anies soal rumah Prabowo 340 ribu hektar, sementara banyak prajurit tidak punya rumah

Dalam menjelaskan visi misi calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan menyinggung soal kepemilikan tanah milik Prabowo Subianto seluas 340 ribu hektar.

Sarankan PDIP-PKS Oposisi, Guru Besar Unand: Dengan Itu, Demokrasi akan Sehat

“Tentara kita lebih dari separo tidak memiliki rumah dinas, sementara menterinya menurut pak Jokowi punya lebih dari 340 ribu hektar tanah di republik ini,” kata Anies dalam memaparkan visi misinya pada Minggu, 7 Januari 2024.

Cek Fakta

Prabowo Terima Kunjungan Menhan Malaysia Bahas Kerja Sama Bidang Pertahanan

Awalnya, Anies mengatakan bahwa Prabowo memiliki luas tanah seluas 340 hektar, kemudian diralat menjadi 340 ribu hektar. Saat debat 2019 lalu, Jokowi juga pernah membeberkan fakta serupa bahwa Prabowo memiliki tanah seluas 340 ribu hektar.

Saat itu Prabowo mengaku data yang dilontarkan Jokowi benar, namun hanya memiliki Hak Guna Usaha (HGU). Pada debat ketiga kali ini, Prabowo langsung membantah data yang dipaparkan Anies Baswedan.

Soal kepemilikan rumah para prajurit, menurut Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam pemberitaan media online Detik pada 2018 mengatakan, masih ada 900 ribu ASN, TNI dan Polri masih belum memiliki rumah pribadi.

Bambang mengatakan, penyebabnya lantaran para PNS, anggota TNI dan Polri yang belum memiliki rumah karena belum mendapatkan perhatian pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya