Grace Natalie PSI Datangi Moderator saat Debat Capres, Bawaslu Bakal Beri Saran ke KPU

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyoroti aksi Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie yang menghampiri moderator saat debat ketiga. Grace mendatangi meja moderator karena pertanyakan aksi pendukung capres nomor 3 Ganjar Pranowo yang kerap perlihatkan simbol tiga jari.

Hakim Suhartoyo Kritik Ketua KPU soal Pemilihan Firma Hukum

Anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenty, minta semua pihak agar menahan diri di tengah tensi politik yang kian memanas. Lolly menyampaikan insiden itu jadi salah satu catatan pihaknya dalam debat ketiga Pilpres 2024.

Lolly menuturkan Bawaslu akan beri saran ke KPU RI selaku penyelenggara debat dan juga semua pasangan calon serta timnya.

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

"Kita lihat bersama setelah debat ketiga kemarin, maka apa yang sudah terjadi, Bawaslu akan memberikan saran perbaikan kepada KPU, termasuk paslon dan tim kampanye," kata Lolly, Selasa, 9 Januari 2024.

Lolly menyampaikan saran perbaikan itu harus dijadikan bahan rujukan kepada tim paslon dan KPU RI untuk debat capres dan cawapres berikutnya.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

"Saat ini semua orang harus menahan diri, menjaga kondusivitas, menjaga ritme perpolitikan kita tetap positif. Karena itu, Bawaslu akan beri saran perbaikan dan imbauan,” ujarnya.

Prabowo Subanto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Debat Capres

Photo :
  • Istimewa

Kemudian, dia menambahkan, Bawaslu juga punya kewajiban untuk lakukan pengawasan. Menurut dia, Bawaslu sudah berikan saran perbaikan merespons dinamika debat yang berlangsung saat ini.

"Supaya hal-hal yang tidak boleh terjadi, tidak terulang lagi di debat berikutnya," ujarnya.

Sementara, Anggota Bawaslu RI lainnya, Puadi menuturkan pihaknya belum bisa menyimpulkan tindakan Grace sebagai pelanggaran atau bukan. Kata dia, saat ini, masih dipelajari.

"Saya belum tahu persis. Ini informasi awal, nanti kami pelajari. Tapi, yang jelas seluruh pasangan calon harus mengikuti mekanisme tata tertib debat itu," kata Puadi.

Dari KPU juga menyoroti aksi Grace dan Anggota Dewan Pembina PSI Isyana Bagoes Oka yang mendatangi moderator saat debat ketiga pada Minggu, 7 Januari 2023. Ketua KPU Hasyim Asyari menilai cara Grace dan Isyana tak patut karena bisa memunculkan tafsir negatif.

Menurut Hasyim, hal itu jadi salah satu yang akan dievaluasi pihaknya terkait pelaksanaan debat ketiga.

Grace datangi meja moderator karena pertanyakan aksi pendukung capres nomor 3 Ganjar Pranowo yang kerap perlihatkan simbol tiga jari. Grace heran karena setiap capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto bicara, pendukung Ganjar malah perlihatkan tiga jari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya