Anies Baswedan Diteriaki 'Bacot' saat Debat, Begini Tindakan KPU

Komisioner KPU RI August Mellaz.
Sumber :
  • ANTARA/Firman

Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) merespons kejadian ketika seorang perempuan meneriaki calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat berlangsung Debat Ketiga Pilpres, Minggu, 7 Januari 2024.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

"Yang jelas itu memang orangnya berada di kursi undangan. Jadi, undangannya kan mau tidak mau dari KPU," kata anggota KPU RI August Mellaz di Jakarta, Kamis, 11 Januari 2024. 

Kendati begitu, hingga kini, KPU mengaku belum mengetahui identitas perempuan yang mengaku tamu undangan tersebut.

Didatangi Warga Diminta Maju Lagi di Pilgub DKI, Anies Jawab "Izinkan Berpikir Sejenak"

Anies Baswedan Debat Ketiga Calon Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mellaz menegaskan, sikap perempuan itu sudah ditindak langsung di lokasi, karena perbuatannya dapat dianggap sebagai kebencian dan menjatuhkan seseorang.

Kontestasi Tak Hanya Berebut Kursi dan Dibagi-bagi, Alasan Ganjar Tak Mau Gabung Pemerintah

Perempuan itu langsung diminta berpindah tempat karena kelakuannya itu. Setelah jeda iklan, perempuan tersebut sudah tak duduk di sana.

"Jadi gini, semua tim paslon kan ada pendukungnya, nah, kemudian situasi di dalam forum kan ada dinamikanya, tetapi kasus-kasus yang spesifik kan kami harus dalami lebih lanjut," kata Mellaz.

Sebelumnya beredar video seorang perempuan mengolok-olok Anies Baswedan saat sesi debat masih berlangsung. Perempuam itu meneriaki Anies "bacot". Setelah itu dia dihampiri oleh petugas tetapi ia mengaku tamu undangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya