Sulit Prediksi Hasil Debat Kedua Cawapres, JK: Semuanya Pintar-pintar

Mantan Wapres Jusuf Kalla mendampingi kampanye Cak Imin
Sumber :
  • Antara

Jakarta – Wapres ke 10 dan 12 RI Jusuf Kalla atau JK turut mengungkapkan pendapatnya jelang debat kedua Cawapres yang akan digelar pada Minggu 21 Januari 2024. Menurut JK, seluruh cawapres yang akan mengikuti debat nanti adalah sosok yang pintar.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

"Mereka kan pintar-pintar, biar mereka semua mau apa, memberikan jawaban kepada tantangan-tantangan," ujar JK kepada wartawan di Jakarta, Senin 15 Januari 2024.

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Jusuf Kalla melayat ke rumah duka Rizal Ramli

Photo :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya
Duet Anies-Ahok di Pilgub DKI Dipastikan Tak Bisa Terjadi, KPU Ungkap Alasannya

JK pun menyebutkan kalau dirinya tak bisa memprediksi siapa yang bakal memberikan penampilan terbaik saat debat cawapres nanti. "(prediksi) Waduh susah susah," kata dia.

KPU Tak Ubah Format Debat Besok

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

Format debat keempat capres dan cawapres yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU, tidak akan berubah seperti 3 kali debat ke belakang, dalam rangka Pilpres 2024. Anggota KPU RI, August Mellaz memastikan akan tetap menggunakan format yang sama.

Diketahui, debat keempat yang di khusukan bagi cawapres akan digelar pada Minggu, 21 Januari 2024.

"Kalau skema yang dilaksanakan oleh KPU sepanjang debat pertama, kedua dan ketiga itulah skemanya, tidak mengalami perubahan," kata Mellaz, Senin, 15 Januari 2024.

Mellaz menjelaskan, bahwa durasi debat keempat juga akan sama seperti pada debat sebelumnya yakni 120 menit dan 30 menit untuk jeda iklan. Selain itu, kata Mellaz, pembagian segmentasi pada debat keempat juga akan diberlakukan sama yakni sebanyak enam segmen.

"Jadi ya tantangannya kan pasti berbeda. Nah, kalau dari sisi waktu 150 menit debatnya sendiri 120 menit, 30 menitnya untuk jeda iklan itu tidak mengalami perubahan," kata Mellaz.

Komisioner KPU RI August Mellaz.

Photo :
  • ANTARA/Firman

Mellaz menambahkan pihaknya juga sudah mendapatkan beberapa masukan terkait tempat debat dan beberapa hal yang dibutuhkan usai rapat dengan tim pasangan calon.

"Proposal tempat, layout design, termasuk usulan moderator sudah muncul," imbuhnya.

Adapun debat keempat akan membahas tema terkait energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya