Calegnya di Bondowoso Siap Jual Ginjal Demi Biaya Kampanye, PAN Bilang Begini

Erfin Dewi Sudanto, caleg PAN di Bondowoso yang viral karena mau jual ginjal. (Instagram @nenktainment)
Sumber :
  • contributor/A. Sumantri (Pekanbaru)

Bondowoso – Nama Erfin Dewi Sudanto tengah jadi sorotan. Calon legislatif atau caleg di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, itu viral setelah mengumumkan siap menjual ginjal bagi siapa pun yang mau biayai kampanyenya. Erfin merupakan kader sekaligus caleg PAN.

Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Menanggapi itu, Partai Amanat Nasional (PAN) Jawa Timur berencana meminta keterangan Erfin.

"Kami akan memanggil [Erfin] guna minta penjelasan," kata Ketua Harian DPW PAN Jawa Timur, Achmad Rubaie, saat dikonfirmasi di Surabaya pada Selasa, 16 Januari 2024.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Rubaie menyampaikan, secara pribadi ia juga tak sepakat dengan tindakan yang dilakukan Erfin yang mau menjual ginjal. Apalagi dengan alasan tak memiliki biaya untuk kampanye. Dia mengingatkan, kesehatan adalah hal yang utama.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Menurut dia, adalah hal yang tak baik mengorbankan organ tubuh yang vital hanya untuk kepentingan politik.

Maka itu, PAN Jatim perlu mengundang Erfin untuk mengklarifikasi sekaligus menanyakan apa alasan sebenarnya. "Apa yang menjadi kesulitan dalam pencalegan ini. Kami akan komunikasi terlebih dahulu," kata Rubaie.

Sebelumnya, dalam salah satu unggahan akun Instagram @nenktainment mengunggah adanya caleg yang rela jual ginjal demi membiayai kampanye di Pileg 2024. Akun itu juga mengunggah foto Erfin.

"Demi membiayai pemenangan dan kampanye di Pemilihan Umum Februari 2024 mendatang, seorang Calon Legislatif (Caleg) di Bondowoso, Jawa Timur, rela jual ginjal," tulis akun Instagram @nenktainment.

Unggahan akun itu menulis Erfin adalah warga Bataan, Tenggarang, Kabupaten Bondowoso, berusia 47 tahun. Ia merupakan caleg dari PAN Nomor Urut 9 untuk DPRD Kabupaten Bondowoso di Dapil 1. Dia rela menjual ginjal karena tak punya biaya besar untuk kampanye.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya