Debat Keempat Pilpres, Gibran Kembali Pastikan Bakal Lanjutkan Hilirisasi

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyampaikan visi-misinya dalam debat keempat Pilpres 2024 Minggu, 21 Januari 2024. Dalam pemaparannya, Gibran mengatakan bahwa Indonesia ini negara besar.

Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

Gibran menyebut bahwa Indonesia harus bersyukur karena memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, dan memiliki timah terbesar nomor 2 di dunia. Dia menegaskan akan melanjutkan hilirisasi jika terpilih di 2024.

"Program hilirisasi harus dilanjutkan dan diperluas cakupannya, tidak hanya hilirisasi tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian sektor maritim dan juga hilirisasi digital," kata Gibran, Minggu malam.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Gibran Rakabuming Raka Debat Cawapres Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia mengatakan, Indonesia harus mampu mengambil manfaat dari hilirisasi. "Intinya kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah. Untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil, kita akan dorong transisi menuju energi hijau seperti bio avtur, biodiesel dan juga bioetanol, yang sudah dilakukan meliputi B35 dan B40," kata Gibran

Zulhas: Banyak Orang Salah Sangka Prabowo Dianggap Menang karena Bansos

Gibran mengatakan, potensi energi baru terbarukan RI sangat luar biasa sekali. Karena bisa mencakup 386 gigawatt yang meliputi energi surya, angin, air, bioenergi, dan juga panas bumi. "Oleh karena itu kerjasama pentahelix wajib untuk didorong," ujar Gibran

Jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, UMKM bisa dikawal, lanjut Gibran, akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan untuk generasi muda dan kaum perempuan. 

"5 juta diantaranya adalah Green Jobs, ini adalah peluang kerja di bidang kelestarian lingkungan, Green Jobs ini adalah trend peluang kerja masa kini dan masa depan," kata Gibran

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Debat Capres-Cawapres Pertama

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Debat Cawapres keempat ini, membahas mengenai pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya