Mahfud MD Singgung Subsidi Pupuk Makin Besar, Tapi Lahan Pertanian Sedikit: Ada yang Salah!

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Calon wakli presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md menegaskan bahwa sumber daya alam (SDA) Indonesia harus dikelola sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Ia menegaskan bahwa sumber daya alam Indonesia sebetulnya sangat kaya tapi, sektor pangan masih belum berdaulat.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Ia juga menyinggung subsidi pupuk yang semakin besar, tetapi petani dan lahan pertanian justru tambah sedikit.

"Petani makin sedikit, lahan pertanian makin sedikit. Tapi subsidi pupuk makin besar. Pasti ada yang salah, petaninya sedikit, lahannya sedikit, kok subsidinya setiap tahun naik. Pasti ada yang salah," tegas Mahfud dalam debat Cawapres, Minggu malam, 21 Januari 2024.

Mahfud MD Bicara Pentingnya Jaga Demokrasi agar Terhindar dari Kediktatoran

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ia juga mengingatkan kerusakan alam yang terjadi di Indonesia saat ini. Akibat industrialisasi yang tidak baik lingkungan rusak. 

Mendag Zulhas Tegas Tolak Impor Bawang Merah di Tengah Lonjakan Harga

"Laut kita berlimbah, udara kita meracuni paru paru kita, investor masuk, industrialisasi terjadi, lingkungan rusak, rakyat menderita, kemudian sumber daya alam menjadi sumber sengketa antara rakyat dengan rakyat dan juga antara pemerintah dengan pemerintah," katanya.

Mantan Ketua MK itu juga membacakan ayat suci Al-Quran tentang kerusakan alam. 

"Telah terjadi kerusakan di bumi akibat tingkah laku manusia, di darat dan di laut, Ini ditunjukkan oleh Allah agar manusia sadar bahwa mereka telah merusak alam di negaranya, yang dikuasai seharusnya oleh bangsanya," katanya.

Simak debat tersebut secara live di VIVA.co.id

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya